DPR Papua Dukung RUU Teroris Ditegakkan | Pasific Pos.com

| 16 July, 2019 |

 Anggota DPR Papua, Yohas Nussi. Anggota DPR Papua, Yohas Nussi.

DPR Papua Dukung RUU Teroris Ditegakkan

Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura, - Rancangan Undang-Undang Tetoris yang ditetapkan oleh DPR RI didukung oleh DPR Papua.

hal itu ditegaskan Anggota DPR Papua, Yohas Nussi kepada sejumlah Wartawan di ruang Media Center DPR Papua, Rabu (23/5/18).


"Apa yang dilakukan oleh DPR RI persiapan untuk penetapan UU Teroris ini kami sangat memberikan dukungan. Tetapi juga kami ingin memberikan beberapa catatan penting. Pertama mendorong pemerintah untuk harus komitmen dalam rangka pemberantasan pergerakan teroris di republik ini," ungkapnya.


Menurutnya, apa pun dilakukan, entah itu kelompok-kelompok tertentu selain teroris yang menamakan diri kelompok-kelompok yang ingin mengacaukan stabilitas negara ini, harus ada komitmen pemerintah untuk segera dituntaskan.


Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, ini mengatakan, terkait masalah teroris di negara ini, Komisi I prihatin sehingga mendukung DPR RI menetapkan RUU anti teroris.


"Tapi kami juga ingin memberikan beberapa catatan penting yakni mendorong komitmen pemerintah dalam rangka pemberantasan teroris," paparnya.


Menurutnya, ini harus digarisbawahi. Selain itu, di Papua ketika tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala suku dalam memberikan khotbah atau arahan di muka umum, jangan mengeluarkan pernyataan yang dapat memancing umat melakukan pergerakan yang menimbulkan kebencian.


"Pergerakan radikal yang menggunakan simbol agama mengacaukan stabilitas negara harus dibasmi," tandasnya.


Oleh karena itu, kata Nusi, pihaknya memberikan dukungan terhadap kiat-kiat apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini DPR RI, untuk segera menetapkan RUU Teroris.


"Dan kita sebagai rakyat, ketika RUU ini jadi, maka kita harus dapat menempatkan diri dan memberikan dukungan agar stabilitas negara ini dapat terlaksana dengan baik sehingga kedamaian di negara ini dapat terjaga dengan baiik dan juga pelaksanaan pemilihan kepala daerah dapat terlaksana dengan baik pula," harapnya.


Dikatakan, mungkin itu hal-hal prinsip yang perlu kami sampaikan ketika DPR RI sudah siap untuk menetapkan RUU Teroris bagi NKRI dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.


"Pemgalaman untuk Papua, maka wilayah lain seharusnya bercermin dari Papua, bukan hanya pemimpin agama yang ada di Papua, tapi semua pimpinan, semua unsur ini setiap saat kita selalu bertamu atau berkumpul untuk bicarakan tentang apa saja yang terjadi di negeri ini. Sehinggal hal-hal yang menyangkut pergerakan -pergerakan teroris dan lain sebagainya bisa segera diantisipasi, bisa dihentikan dengan pemimpin bersatu untuk bagaimana menjaga kedamaian masyarakat," ujar Nussi.


Menurut Nusi, untuk di Papua, tidak diragukan lagi buat pemipim yang ada di Papua, karena mereka senantiasa menjaga komunikasi bersama, terutama pemimpin agama, tetapi juga pemimpin di pemerintahan dan legislatif yang senantiasa membangun hubungan yang baik antara kelembagaan.


"Karena para unsur pimpinan di Papua. Tidak hanya agama, masyarakat, adat juga pemerintah, legislatif, MRP dan aparat keamanan TNI/Polri. Tapi semua kelembagaan masyarakat, itu terjaga sampai hari ini, karena itu adalah komitmen Papua Tanah Damai, " pungkasnya. (TIARA)

Dibaca 263 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.