Kadis PU Pegunung Bintang Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Direskrimsus Polda Papua, Kombes Pol Edi Swasono. Direskrimsus Polda Papua, Kombes Pol Edi Swasono.

Kadis PU Pegunung Bintang Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi

Headline Penulis  Senin, 14 Mei 2018 16:11 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Papua menetapkan Kepala dinas (Kadis) PU dan dua orang lainnya sebagai tersangka atas dugaan korupsi Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2016 di kabupaten Pegunungan Bintang yang menelan anggaran mencapai Rp. 5 milyar.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah kepolisian memeriksa empat orang saksi dan melakukan gelar perkara terkait dugaan korupsi pembangunan jalan poros pada lima kampung di mabupaten Pegunungan Bintang.


Adapun lima kampung diantaranya, jalan di kampung Aldom Silifmata distrik Oksibil, jalan di kampung Parim Yakmor distrik Seram Bagor, jalan di kampung Iriding Okbunding Distrik Okibab, jalan di kampung Okbon Minumbik dan jalan di kampung Pepera Bungor distrik Pepera.


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Papua, Kombes Pol. Edi Swasono kepada wartawan di Polda Papua, menjelaskan bahwa ketiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka antara lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Ketua Panitia Lelang yang merupakan pegawai Dinas PU dan satu orang kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut.


“Dari hasil pemeriksaan awal, ada tiga orang sudah kita tingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka,” tegasnya.
Edi menjelaskan bahwa modus yang dilakukan para koruptor dalam mengambil keuntungan uang negara adalah dimana paket pekerjaan jalan itu dipecah menjadi lima paket dan tak adanya proses lelang proyek karena penunjukan langsung.

Dibaca 888 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.