Siswa Bisa Laporkan Guru Pelaku Pungutan Liar Ke Polisi | Pasific Pos.com

| 9 December, 2019 |

Siswa Bisa Laporkan Guru Pelaku Pungutan Liar Ke Polisi

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 08 Mei 2018 18:34 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sentani, Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Timur mensosialisasikan saber pungli dan berita hoax serta ujaran kebencian terhadap para guru dan murid SMK Negeri 1 Sentani Jayapura. Selasa (8/5) pagi.

Penyampaian materi sosialisasi oleh Kanit Binmas Polsek Sentani Timur Bripka Paulus Maukuba dan Brigpol Sagi yang dihadiri wakasek bidang kurikulum Drs. Matius. M.Pd., wakasek bidang humas Gerda Wally. S.Pd., dewan guru Christian Pondaag. A.Md. Tek dan 70 orang siswa.


Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Bripka Makuba menyampaikan bahwa dalam Undang-Undang Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang saber pungli. "Kami menghimbau kepada siswa/siswi bila mana menemukan pungutan liar yang beredar di dalam lingkungan sekolah yang dilakukan oleh oknum guru, kami harap bisa melaporkan kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Sentani Timur.


Lebih lanjut Bripka Makuba,mengatakan saat in di Indonesia sudah 58 sekolah yang ditemukan terindikasi melakukan berbagai macam modus pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh oknum guru kepada para siswa/siswi. "Kami juga menghimbau juga kepada para dewan guru untuk bersih dari pungutan liar," ujarnya.


Sementara itu Brigpol Sagi mengingatkan agar para siswa lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial. "Saya tahu semua aktif di media sosial sehingga saya menghimbau apabila bila menemukan pemberitaan yang belum tentu kebenarannya atau biasa disebut Hoax jangan langsung membagikan atau share karena bisa saja berita tersebut dapat mengadu domba kita," ujarnya.


"Sama halnya dengan membuat status ujaran kebencian terhadap siapapun di media sosial karena akan dikenakan Undang-Undang ITE sehingga dengan adanya UU tersebut kita semua dapat bijak dalam menggunakan media sosial dan lakukan hal yang positif untuk membangun bangsa ini," ucap Brigpol Sagi.


Gerda Wally. S.Pd selaku Wakasek Bidang Humas menyampaikan ucapan terimakasih telah melakukab sosialisasi.


"Terimakasih kepada bapak Polisi yang sudah hadir dan memberikan sosialisasi sehingga semua siswa/siswi serta dewan guru SMK Negeri 1 Sentani dapat memahami cara penggunaan media sosial yang baik, benar dan tidak merugikan orang lain," ujar Gerda Wally. S.Pd selaku Wakasek Bidang Humas.

Dibaca 416 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.