Kapolresta Tak Beri Ruang Bagi KNPB | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Kapolresta Tak Beri Ruang Bagi KNPB

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota, AKBP Jermias Rontini menyatakan tak akan memberikan ruang bagi organisasi illegal yang menamai dirinya Komite Nasional Papua Barat. Bahkan, Kapolresta mengeluarkan perintah tegas untuk membubarkan aksi Unjukrasa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang akan dilaksanakan, Jum’at (5/6) hari ini.
Dimana aksi Unjukrasa yang akan difokus di Kampus Uncen Permnas III dikabarkan untuk mendukung United Liberation Of West Papua (ULWP) masuk dalam anggota Malanesian Speherhad Grup(MSG). “Tidak pernah akan diijinkan oleh aparat kepolisian, bila dipaksakan maka kami akan mengambil tindakan tegas untuk membubarkan aksi tersebut,” tegas Jermias, Kamis (4/6).
Kapolresta juga akan mempidanakan apabila kedapatan membawa atribut Bintang Kejora dalam demo tersebut dengan dasar pasal 106 KUHP tentang Makar. Penegasan ini sebagaimana atensi Pimpinan Polri di Papua untuk menindak organisasi illegal yang bertentangan dengan NKRI.
“Kami tetap akan tindak apabila ditemukan membawa atribut Bintang Kejora, kami tidak main-main. Meskipun selama ini mereka hanya membawa bendera KNPB dan tidak ada indikasi membawa Bintang Kejora,” kata Jermias.
Mengenai 47 orang simpatisan yang berujung pada surat pernyataan agar tidak mengulangi aksi unjukrasa tanpa ijin, Kapolresta menganggap akan menjadi suatu pegangan kepolisian yang juga menjadi rekomendasi Pemerintah.
“Surat pernyataan mereka yang menjadi pegangan kami, dan apabila mengulangi aksi demo akan kami tindak sesuai dengan Perundang-Undangan,” katanya.
Terkait antisipasi unjukrasa, Kapolresta mengklaim telah menyiapkan 2 Kompi Brimob, 2 Kompi Dalmas dan TNI. “Kami sudah persiapkan semuanya untuk pengamanan yang melibatkan brimob dan Dalmas dan teman – teman dari TNI.  Oleh karena itu apabila tidak mengindahkan permintaan kami maka kami pasti bubarkan aksi tersebut,”tegasnya lagi. (Syaiful)

Dibaca 599 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX