Abner Banosoro Jadi Kakanwil Kemenkumham | Pasific Pos.com

| 17 July, 2019 |

Abner Banosoro Jadi Kakanwil Kemenkumham

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Abner Banosoro secara resmi menjabat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Papua.
Acara serah terima jabatan dan pisah sambut, digelar di Kantor Kanwil Kemenkumham Papua, Kamis (4/6) kemarin.
Staf ahli bidang hukum lingkungan dan pertanahan Agus Hariadi mewakili Menteri Hukum dan HAM Yaonsa Laoly pada acara serah terima jabatan itu  dalam sambutannya mengatakan Kementrian Hukum dan HAM merupakan sebuah institusi besar yang memiliki tugas di bidang hukum yang demikian komprehensif dari hulu sampai hilir.
Mulai dari fungsi pembentukan hukum, penerapan hukum, peningkatan kecerdasan dan kesadaran hukum, penegakan hukum, serta perlindungan, pemenuhan dan pemajuan HAM.
"Dalam kesempatan ini saya akan menehakan beberapa hal yang perlu dicermati, yairu saya bepesan khusus Kakanwil Kementrian Humham berserta jajaran untuk mewujudkan dalam percepatan pelaksanaan tugas dan fungsi, sehingga target-target yang telah ditetapkan dapat direalisasi dengan baik dan benar," katanya.
Percepatan itu perlu dilakukan segera dikarenakan memiliki peran penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan segaligus mememuhi amanat Presiden Jokowi sebagaimana termatub dalam Nawacita ke-4.
"Yaitu memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakkan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya. Tak kalah pentingnya Presiden Jokowi pun mengehendaki percepatan pembangunan sehingga terealisasi anggaran dapat tercapai 50 persen," katanya.
Sementara itu asisten 1, pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mewakili Gubernur Lukas Enembe mengatakan sertijab itu merupakan hal yang wajar dan biasa dalam instansi vertikal yang berkembang dan maju, karena adanya regenerasi namun tetap dalam satu sistem guna mewujudkan visi dan misi yang sama yaitu kepentingan masyarakat.
"Kepada bapak Demianus Rumbiak yang memasuki masa purna bhakti atas nama pemerintah dan masyarakat Papua saya ucapkan terima kasih. Dan selamat kepada bapak Abner Banosoro atas tugas yang akan diemban dan tentunya bisa meningkatkan kinerja dan prestasi kerja," kata Doren Wakerkwa mewakili Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya.
Sedangkan, Abner Banosoro yang ditemui wartawan usai serah terima jabatan itu mengatakan siap menjalankan amanah yang telah diberikan kepadanya.
"Tadi saya baru terima mandat dari pejabat lama kepada saya. Saya siap melaksanakan visi dan misi serta renstra dari Kementrian Hukum dan HAM di Papua," kata pria kelahiran Sentani, Kabupaten Jayapura pada 7 April 1958 itu.
Abner Banosoro sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Pejabat lama, Demianus Rumbiak memasuki masa purna bhakti pensiun. (Rian)

Dibaca 558 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.