Eltinus Omaleng-Johanes Rettob Pastikan Ikut Pilkada Mimika | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Suasana usai persidangan sengketa pilkada Mimika di PTTUN Makassar pekan lalu. Suasana usai persidangan sengketa pilkada Mimika di PTTUN Makassar pekan lalu.

Eltinus Omaleng-Johanes Rettob Pastikan Ikut Pilkada Mimika

Headline Penulis  Sabtu, 31 Maret 2018 23:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
 
Makassar, Pasangan Petahana, Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (Omtob) memastikan diri mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Mimika. "Setelah  melalui perjalanan panjang, akhirnya kami memastikan diri akan mengikuti pilkada.
 
Hal ini setelah Majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Makassar, Sulawesi Selatan memutuskan petahana Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang berpasangan dengan Johannes Rettob (OmTob) ikut berkompetisi dalam Pilkada Mimika 2018," ujar Johanes Rettob sang wakil.
 
         Putusan tersebut dibacakan dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Syamsul Hadi dengan hakim anggota HL Mustafa Nasution SH dan M Ilham Lubis bertempat di PT TUN Makassar, pekan lalu.
 
         Dalam keputusannya tersebut, PT TUN Makassar menyatakan menolak eksepsi pihak tergugat yaitu KPU Mimika, mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya dan menyatakan batal keputusan Ketua KPU Mimika (T Ocephina Magal) Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Mimika tanggal 18 Februari 2018 di Hotel Alison, Sentani, Jayapura.
 
         PT TUN Makassar memerintahkan KPU Mimika untuk segera mencabut SK Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tersebut dan segera menerbitkan keputusan baru tentang penetapan pasangan calon dalam Pilkada Mimika tahun 2018 yang terdiri atas pasangan Hans Magal-Abdul Muis, pasangan Petrus Yanwarin-Alpius Edoway, pasangan Robertus Waropea-Albert Bolang, pasangan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (empat pasangan dari jalur perseorangan) serta  pasangan Eltinus Omaleng-Johanes Rettob dari jalur partai politik.
 
         Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OmTob) yang diusung koalisi sembilan partai politik dari 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Mimika menggugat KPU Mimika ke PT TUN Makassar lantaran dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai paslon untuk ikut berkompetisi pada Pilkada 2018.
 
         Johanes Rettob pun mengatakan, sejak palu hakim PT TUN diketuk maka sejak itu pula tim pemenangan mulai bekerja. "Sejak awak tim pemenangan sudah bekerja, namun sejak ketuk palu maka tim pemenangan makin giat mengadakan konsolidasi," ujarnya.
 
          Johanes Rettob pun menegaskan , bahwa pasangan Omtob akan segera mengikuti jadwal kegiatan kampanye yang ditentukan oleh KPU. "Kami akan menyesuaikan dengan jadwal kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU,ujarnya.
          Sebagai langkah awal, menurut rencana Selasa (3/4) akan diadakan acara bakar batu dengan seluruh masyarakat pendukung pasangan Omtob.
Dibaca 612 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.