26 Ribu Lebih Data Kependudukan Dikirim Kembali ke Dirjen Capil | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

26 Ribu Lebih Data Kependudukan Dikirim Kembali ke Dirjen Capil

Papua Barat Penulis  Kamis, 15 Maret 2018 02:56 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari mengirimkan kembali data penduduk kurang lebih 26.000 ke Direktur Jenderal Catatan Sipil (Dirjen Capil) di Jakarta.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Manokwari, Sikhalik mengatakan, data kependudukan yang dikirim ke Dirjen Capil di Jakarta untuk kepentingan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 sesuai keinginan pihak DPRD Kabupaten dengan harapan DPRD Kabupaten Manokwari mendapatkan tambahan 5 kursi.


"Kita sudah kirimkan. Kami berharap dari Dirjen Capil bisa mencocokan kembali dan diserahkan ke KPU RI sebagai daftar pemilih tetap untuk Pileg 2019 nanti," kata Sikhalik kepada Tabura Pos di kantornya, Rabu (14/3).


Sikhalik menjelaskan, berdasarkan hasil pertemuan bersama Dirjen Capil di Jakarta beberapa waktu lalu, jumlah penduduk Kabupaten Manokwari hanya sebanyak 185 ribu lebih, padahal data yang dikirim pihaknya sudah mencapai kurang lebih 200 ribu-an.


"Dirjen Capil ternyata sampaikan ada sekitar 100 ribu lebih data yang kita kirimkan ada data anomaly dan ganda, sehingga data itu dikembalikan ke kita untuk divalidasi ulang dan kita sudah kirim sekitar 26 ribu," jelas Sikhalik.


Diterangkannya, seharusnya Dirjen Capil menginfomasikan kembali ke pihaknya bila ada data anomaly dan ganda agar bisa dilakukan validasi ulang di daerah, sebab data kependudukan yang dikirim ke Dirjen Capil merupakan data akurat sesuai hasil perekaman yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Manokwari.


"Masalahnya, saat pembersihan Dirjen tidak koordinasi ke kami, sehingga kami kaget ada banyak data yang kita kirim data anomaly dan ganda. Data itu yang kami cari ternyata masih ada di kita dan sudah kita kirimkan sekitar 26 ribu," terang Sikhalik.


Sikhalik berharap, 26 ribu lebih data yang dikirimkan kembali ke Dirjen Capil bersih tidak ada data anomaly dan ganda sehingga keinginan pihak DPRD Kabupaten Manokwari terpenuhi.


"Karena 185 ribu sekian ditambahkan 26 ribu bisa mencapai 200 ribu dan mencapai target untuk penambahan kursi. Kita sekarang menunggu dari Dirjen Capil," tandas Sikhalik. [SDR-R3] 

Dibaca 665 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik