RSUD Youwari Butuh Perhatian Khusus Pemda Setempat | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

RSUD Youwari Butuh Perhatian Khusus Pemda Setempat

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 14 Maret 2018 21:30 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bupati Mathius : RSUD Youwari tinggal MoU menjadi Badan Layanan Umum (BLU)

 

SENTANI - Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Youwari perlu perhatian khusus. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, Drg. Aloysius Giyai, M.Kes, rumah sakit umum daerah (RSUD) Youwari perlu perhatian khusus dari pemerintah daerah, baik mengenai sistem pelayanan kesehatan dan juga fasilitas penunjang di rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura tersebut.

Jadi rumah sakit Youwari ini perlu perhatian khusus pemerintah daerah setempat, karena ada beberapa kekurangan didalamnya seperti tenaga, fasilitas, kebersihan dan juga perlu ada pembenahan-pembenahan di dalam banyak yang perlu dibenahi, jelas pria yang juga menjabat sebagai Plt. Direktur RSUD Jayapura, ketika ditanya waratwan usai menghadiri kegiatan Rapat Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Tahun 2018, Rabu (14/3/18) siang.


Sehingga butuh perhatian serius agar pelayanan di rumah sakit itu bisa ditingkatkan, sambung Aloysius dengan singkat.


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua siap menaikkan KPS (Kartu Papua Sehat) di tahun 2018 ini untuk RSUD Youwari.


Masalahnya, banyak ruangan yang masih terbengkalai, karena peralatannya, katanya.


Ia menjelaskan, di RSUD Youwari masih terdapat banyak kekurangan, di antaranya dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga medisnya, fasilitas peralatan dan di dalam ruangan perlu dibenahi.


Sementara itu ditempat terpisah, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, ketika ditanya wartawan terkait hal tersebut mengatakan, RSUD Youwari tinggal melakukan MoU saja, untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU).


Kalau rumah sakit Youwari ini, sekarang kita tinggal MoU saja untuk BLU (Badan Layanan Umum). Jadi, bukan lagi dibawa Dinas Kesehatan (Dinkes), yakni sedikit menjadi badan yang bebas mengelola sendiri. Juga bisa kerjasama dengan pihak-pihak lain, tetapi rumah sakit ini tetap dibawah kendali pemerintah daerah. Kalau sudah menajdi BLU, berarti rumah sakit ini bisa kreasikan itu semua dengan perencanaan kedepan yang lebih bagus lagi, ucapnya.

Dibaca 839 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.