47 Aktivis KNPB Diciduk Polisi | Pasific Pos.com

| 19 November, 2019 |

47 Aktivis KNPB Diciduk Polisi

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- 47 aktivis Komite Nasional Papua Barat diciduk aparat Kepolisian Resort Jayapura Kota, ketika hendak menggelar unjukrasa di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Jalan Samratulangi, Distrik Jayapura Utara, Kamis (28/5).
Mereka diciduk secara terpisah di tiga tititk, yakni di Gapura Uncen, Perumnas III, Keluarahan Waena. Kemudian di Expo Waena dan disekitar halaman Kantor DPR Papua.  Dari 47 aktivis yang diamankan, beberapa diantaranya merupakan wanita.
Wakil Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota, Komisaris Polisi Albertus Andreana kepada wartawan menyatakan masih mendalami masing-masing peran dari 47 orang yang diamankan, termasuk informasi diamankan Basoka Logo, Juru Bicara KNPB.
 “Ada 47 orang yang kami amankan, sementara masih didalami peran meraka, apakah ada yang menjadi coordinator atau ikut-ikutan saja. Kalau bukan coordinator kita pulangkan,” jelas Andreana, Kamis (28/5) sore.
Andreana menegaskan bahwa tindakan kepolisian tersebut sebagaimana dasar pasal 160 KUHP yang berbunyi barang siapa yang melakukan penghasutan dimuka umum, melawan pemerintah maupun melawan Undang-Undang akan dikenai pidana maksimal 6 tahun penjara.
Sebelum dilakukan tindakan diamankan, Andreana mengaku telah melakukan tindakan persuasive agar tidak melakukan unjukrasa. Apalagi, sambungnya, unjukarasa tersebut tidak mengantongi ijin kepolisian setempat.
 “Aksi mereka tidak ada ijin, kami juga sudah bertindak persuasive, tapi tidak diindahkan, makanya kami amakan. Mereka  diamankan di Perumnas III, di halaman Kantor  DPR Papua dan di Expo Waena,” jelas Andreana.
Mengenai tujuan unjukrasa  massa KNPB, diakui Andreana masih dipelajari oleh kepolisian. Namun, pihaknya menyakini unjukrasa tersebut dimaksud untuk lepas dari bingkai NKRI. “Masih kami pelajari tujuan mereka, tapi tujuan mereka tetap akan lepas dari NKRI,”  ujarnya.
Andreana menambahkan, selain 47 orang pengunjukrasa, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti alat peraga demo, seperti spanduk.  Sedangkan untuk antisipasi unjukrasa KNPB, pihaknya menurunkan 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Personel Polri yang terdiri dari 1 SSK bantuan Polda  dan 1 SSK bantuan Brimob.
Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh media ini, terdapat 30-an aktivis KNPB yang diamankan di Gapura Uncen, Perumnas III Waena. Mereka masing-masing bernama Bazoka Logo (Juru Bicara KNPB), Warpo Wetipo, Sonny meage, Yosep Degey, Panus Siep,  Assa alua,  Oncen Balingga, Nita Wenda, Yufri Pahabol, Meky Tipagau.
Kemudian, Eky Balingga, Alex Mijijau,  Sonny Dogopia, Natalis Napagani, Beny Yatipay, Elieser Anggoingom, Yustinus Nambagay,  Dominikus Dendegau, Taksen Giay, Selvianus Bagubau, Memendas So, Otniel Balingga, Osea Yeimo, Amos Payage, Natalis Goo, Donatus Dombay, Musa Tobay, Mikel Mabel, Pitre Matuan dan Keliopas Boma. (Syaiful)

Dibaca 545 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX