Ijazah Eltinus Omaleng Dinyatakan Asli | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Musyawarah penyelesaian sengketa pasangan OMTOB calon bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika yang dilaksanakan di kantor Panwas Mimika, Rabu (28/2/18). Musyawarah penyelesaian sengketa pasangan OMTOB calon bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika yang dilaksanakan di kantor Panwas Mimika, Rabu (28/2/18).

Ijazah Eltinus Omaleng Dinyatakan Asli

Headline Penulis  Rabu, 28 Februari 2018 18:58 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, - Permasalahan ijasah milik Eltinus Omaleng seakan tak habis. Namun kali ini ijazah milik Eltinus Omaleng dinyatakan asli dan sah.

Pernyataan ini disampaikan kepala seksi pengembangan peserta dinas pendidikan propinsi Ujung Pandang (Makassar) Muskarnaen Yunus dimuka sidang musyawarah penyelesaian sengketa pasangan OMTOB calon bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika yang dilaksanakan di kantor Panwas Mimika, Rabu (28/2/18).


Muskarnaen dalam penjelasannya mengatakan bahwa pada tanggal 07 Juli 2017 Eltinus Omaleng melaksanakan legalisir ijazah. Kemudian pada tanggal 15 Januari 2018, datanglah KPU beserta dengan Panwaslu, Kepolisian dan LSM ke Dinas pendidikan Makassar.


"Pada saat itu ditemui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan saya. Beliau hadir dalam rangka verifikasi ijazah Eltinus Omaleng dan saya menyampaikan bahwa ijazah sesuai dengan aslinya," ujar Muskarnaen.


Lebih lanjut dijelaskannya, saat itu pihak KPU meminta surat bukti ke Timika.


"Karena hal ini sehingga kami mengeluarkan surat perihal verifikasi Ijazah melampirkan ijazah asli yang saya ligalisir asli," ujarnya.


Dijelaskannya pula saat itu ketua KPU datang kembali dan meminta pernyataan yang berbeda.


"Ibu KPU datang dengan intervensi dengan alasan situasi Mimika tapi saya tidak terprovokasi pada situasi kabupaten Mimika. Kami minta agar ijazahnya untuk diperiksa di laboratium Kepolisian agar dicek untuk keasliannya, dan sekali lagi saya menyatakan bahwa ijazahnya asli," ujarnya.

Sebelum saksi dari Dinas Pendidikan Makassar ini memberikan keterangan, pihak KPUD Mimika sempat menolak dan keberatan atas kehadiran saksi. Namun keberatan ini ditolak oleh Panwas.


Sidang musyawarah penyelesaian sengketa Calon Bupati dan Wakil Bupati Eltinus Omaleng, SE, MH dan Johanes Rettob, S.Sos, MM (OMTOB) dimulai sekitar pukul 11.30 WIT. Namun pihak KPU belum hadir sehingga sidang kembali diskors hingga pukul 13.00 WIT.


Pada kesempatan yang sama hadir saksi kedua Herman Gofour. Herman bersaksi tentang jalannya sidang pleno penetapan yang ditunda.


Sementara itu pada saksi ketiga Selvi Hasna menjelaskan bahwa pada Pemilukada tahun 2013 Omaleng hanya melampirkan ijazah S1.


"Saya pernah bekerja di KPU pada tahun 2013. Saat mendaftar ke KPU Eltinus Omaleng menggunakan ijazah terakhir dan tidak menyerahkan ijasah SD, SMP karena tidak dicantumkan persyaratannya. Ijasah terakhir yang didaftarkan S1," ujarnya menjawab pertanyaan kuasa hukum termohon.


Sidang kembali di skors hingga tanggal 1 Maret 2018 pukul 09.00 WIT, dengan agenda mendengarkan kesimpulan dari pemohon dan termohon.

Dibaca 1295 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX