Ketum KAPP Pusat Dikukuhkan oleh Ondoafi Saireri | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Ketua Umum Terpilih KAPP Pusat, Merry C Yoweni, berpose bersama usai dikukuhkan secara adat di Sentani pada Rabu (7/2/18) Ketua Umum Terpilih KAPP Pusat, Merry C Yoweni, berpose bersama usai dikukuhkan secara adat di Sentani pada Rabu (7/2/18)

Ketum KAPP Pusat Dikukuhkan oleh Ondoafi Saireri

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 07 Februari 2018 22:58 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Ondoafi (kepala suku) wilayah Saireri mengukuhkan Ketua Umum Terpilih Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) periode 2018-2023 Merry Costavina Yoweni sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di Obhe Oheeiyonggi (rumah para-para adat), Rabu (7/2/2018).

Prosesi adat ini dilakukan dengan tujuan sebagai restu bagi KAPP sebagai organisasi yang diturunkan dari sisi kearifan lokal.


“kami ingin memohon restu sebelum melaksanakan tanggung jawab dalam hal melindungi usaha orang asli Papua di atas tanah di lima wilayah adat," kata Kristovel Mara Sekretaris Panitia Pengukuhan Adat kepada wartawan.


Menurut Kristovel, yang mengukuhkan secara adat adalah Mananwir Kepala Suku Apolos perwakilan wilayah adat Saireri meskipun KAPP berkantor di kawasan Mamta.


"Jadi dalam prosesi adat ini, Ketua Umum Terpilih KAPP periode 2018-2023 menggunakan busana adat dan dikukuhkan untuk mendapat restu dari alam dalam menjalankan tugas kepemimpinannya sebagai anak tanah," ujarnya.


Dia menjelaskan pengukuhan ini juga memberi makna bahwa Ketua Umum Terpilih KAPP menghargai adat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.


"Pengukuhan ini juga menggambarkan adanya pemberian tongkat komando dari adat untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam membangun ekonomi orang asli Papua," katanya lagi.


Sebelumnya, Merry Costavina Yoweni terpilih kembali menjadi Ketua Umum Kamar Adat Pengusaha Papua Pusat periode 2018-2023 pada Konferensi III KAPP se-Bumi Cenderawasih pada Selasa (12/12/17) di mana rencananya akan dilantik oleh Gubernur Papua pada 9 Februari 2018 di Jayapura.

Dibaca 728 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.