Kembangkan Padi, Pemda Mappi Fokus Di Dua Wilayah | Pasific Pos.com

| 16 October, 2019 |

Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu. (foto:ady) Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu. (foto:ady)

Kembangkan Padi, Pemda Mappi Fokus Di Dua Wilayah

Papua Selatan Penulis  Selasa, 06 Februari 2018 22:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi saat ini fokus di dua wilayah untuk pengembangan pertanian khususnya padi (beras,red). Kedua wilayah tersebut adalah Distrik Edera dan Nambioman Bapay (Nambay). Berbagai persiapan mulai dilakukan, termasuk dukungan dari sisi irigasi bekerjasama dengan Balai Rawa.

“Lahan (untuk beras) fokus di dua wilayah. Posisi terakhir komunikasi dengan Balai Rawa untuk pembukaan irigasi dan proses sudah jalan dan tahun ini diharapkan ada penguatan,”ungkap Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu, kepada wartawan di LPP RRI Merauke, Selasa (6/2).


Dijelaskan, khusus di Distrik Nambay yang jadi focus di Kampung Linggua dan Mur. Namun, ini masih harus dibicarakan dengan Dinas Pertanian untuk berhitung, baik soal peralatan, pembiayaan dan tenaganya, serta bagaimana menghidupkan aktifitas tersebut.


“Ketersediaan air tidak ada masalah. Hanya, teknis kegiatannya yang perlu dirumuskan dengan baik,”ujarnya.


Ia mengakui, untuk produksi beras pemerintah daerah belum punya data yang baik, karena selama ini belum diinventalisir dengan baik. Sebab, belum didata seberapa banyak lahan yang sudah dikelola dan produktif. “Kita baru mulai menata dan terhitung, star mulai tahun ini. Sudah pasti, kalau buka lahan luas sudah pasti mekanisasi,”ungkapnya.


Sementara itu, ditambahkan saat ini masyarakat di Mappi sudah merubah pola makan dari sagu ke beras. Maka, pemerintah harus pastikan tidak boleh beras Raskin tidak tersedia. Kepala distrik juga diminta untuk tidak ‘bermain’ soal Raskin. “Beras itu harus ada dan terdistribusi dengan baik,”tukasnya.


Pihaknya juga sudah meminta Wakil Bupati untuk bertemu dengan Bulog, dimana tidak boleh dikurangi jatah Raskin untuk Mappi bahkan seharusnya ditambah. Untuk jumlah penduduk Mappi, saat ini mencapai 100 ribu jiwa lebih. Mereka tersebar di 15 distrik, 162 kampung dan 2 kelurahan.

Dibaca 1645 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX