NPC Tunggu Surat Rekomendasi PEPARNAS 2020 | Pasific Pos.com

| 24 June, 2019 |

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma foto bersama atlet disabilitas Papua pada ajang Kejuaraan Paralimpik 2017 yang digelar di Bandung beberapa waktu lalu. Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma foto bersama atlet disabilitas Papua pada ajang Kejuaraan Paralimpik 2017 yang digelar di Bandung beberapa waktu lalu.

NPC Tunggu Surat Rekomendasi PEPARNAS 2020

Olahraga Penulis  Senin, 15 Januari 2018 18:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - Ketua National Paralimpik Commite (NPC) Papua H. Jaya Kusuma mengaku kesebelas atletnya yang mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) di Solo Jawa Tengah guna persiapan ajang Internasional Asean Paragames 2018 di Jakarta merupakan atlet yang akan memperkuat tim Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-16 tahun 2020 di Papua.

”11 atlet tersebut dipastikan akan memperkuat Peparnas, menurut perhitungan saya optimis mereka akan menyumbang medali bagi Papua nantinya.”Ungkapnya saat ditemui wartawan olahraga di Jayapura (14/01/17) sore.


Pria yang juga Kadistrik Heram Kota Jayapura ini menyampaikan ke-11 atlet tersebut mengikuti lima cabang olahraga di Asean Paragames yang berarti tersisa 9 cabor menjadi perhatian kedepannya.


“9 cabang olahraga tersebut yang kita harus persiapkan atletnya, sebab kita akan mempertandingkan 14 cabor di Papua”. tegasnya.


Lebih lanjut dikatakan Jaya, untuk menghadapi Peparnas 2020, pihaknya masih menunggu surat rekomendasi dari NPC Pusat, dimana surat tersebut untuk ditandatangani oleh Gubernur, pasalnnya SK rekomendasi menjadi dasar untuk bekerja mempersiapkan Peparnas.


“Untuk sukseskan Peparnas tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan baik venue pertandingan dan SDM, namun yang sekarang kita kejar supaya adanya pembentukan kepanitiaan Peparnas 2020.” tuturnya.


Jaya menambahkan ditahun 2018, NPC Papua akan memprogramkan perekrutan atlet, mengingat atlet disabiltas merupakan atlet khusus.


“Kita melihat lagi apakah bisa buat pekan olahraga daerah, jika tidak kita merekrut langsung ke daerah-daerah sesuai klasifikasi bisa ikut bertanding dari empat jenis kecacatan diantaranya tuna daksa, tuna grahita, tuna rungu wicara dan tuna netra atau jarak pandang.” ungkapnya.


Selain itu pihaknya akan mengadakan pembentukan NPC dikabupaten, dimana melalui kepengurusan NPC daerah yang akan menyiapkan atlet disabiltas, namun tidak melebihi 35 tahun, mengingat masih ada waktu 1 tahun lebih dalam mempersiapkan atlet.


“Pokoknya mereka siapkan atlet saja, baru nanti kita adakan kunjungan ke daerah-daerah melihat atlet tersebut, sehingga diharapkan juga dengan terbentuknya kepengurusan NPC diKabupaten, mereka dapat bekerja serius dalam menyiapkan atlet prestasi 2020 yang semakin lebih baik kedepannya.” tutupnya.

Dibaca 655 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.