Hanya Kabupaten Waropen Yang Belum Serahkan Kuota CPNS | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda.

Hanya Kabupaten Waropen Yang Belum Serahkan Kuota CPNS

Headline Penulis  Senin, 04 Desember 2017 16:07 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dari Kabupaten sudah mengembalikan perbaikan formasi atau berkas kepada KemenPAN dan RB.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda mengatakan dari 29 kabupaten/kota, hanya kabupaten Waropen yang belum mengembalikan berkas perbaikan formasi CPNS 2014.

Dia menuturkan mengenai jadwal pendaftaran, karena akan dilakukan terlebih dahulu dengan KemenPAN dan RB. “Dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan dengan Kemenpan dan RB,” ujarnya.

Menurutnya, Provinsi Papua memiliki kuota 173 orang dalam formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di wilayahnya.
Dia menambahkan dari 173 orang yang akan diterima di provinsi tersebut, nantinya akan lebih mengutamakan bidang pendidikan sebesar 35 persen, perawat 35 persen dan teknis 30 persen.

Disinggung rencana pemerintah akan membuka lowongan CPNS daerah secara nasional pada 2018. Wenda mengaku belum mendapat informasi tersebut.

“Untuk penerimaan CPNS 2018 saya belum tahu, kami lebih fokus untuk formasi CPNS 2014,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Makassar, menyatakan tahun 2018 akan buka penerimaan CPNS untuk daerah per kabupaten dan provinsi.

Menurutnya, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

Asman berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan.

Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman mengatakan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

"Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen," katanya.

Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 selesai dilaksanakan. Namun, Asman sendiri berharap agar perekrutan CPNS daerah ini dilakukan secepatnya.

Selain itu, Menteri Asman belum memastikan apakah tahapan CPNS 2018 khusus daerah ini digelar serentak atau terpisah.

Dibaca 992 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX