Radio Pasar Sebagai Sarana Untuk Optimalkan Pasar Youtefa | Pasific Pos.com

| 19 October, 2019 |

Kegiatan Radio Pasar di Outlet Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura di Pasar Youtefa. Kegiatan Radio Pasar di Outlet Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura di Pasar Youtefa.

Radio Pasar Sebagai Sarana Untuk Optimalkan Pasar Youtefa

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 22 November 2017 16:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Melalui program baru Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) yaitu Radio Pasar, menjadi sarana aspirasi pedagang dan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatkan Pasar Youtefa guna mendokrak perekonomian di Kota Jayapura.

Acara bertajuk Radio Pasar yang dilaksanakan di Outlet Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura di Pasar Youtefa, Rabu (22/11/17) dengan menghadirkan sejumlah pedagang, pemerintah dan DPRD Kota Jayapura.

Melalui Radio Pasar tersebut, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru menyampaikan kondisi perekonomian, kondisi pedagang dan perkembangan pasar Youtefa yang sudah dibangun di samping kantor BPOM Jayapura.

"Ini pasar sederhana dan modern. Kami juga harapkan pedagang harus tertib kalau sudah jualan di pasar yang baru," kata Rustan.

Sesuai kebiasaan pedagang asli Papua yang menggelar dagangan di lantai, kata Rustan, kondisi pedagang memang berbeda-beda maka pasar modern adalah solusinya, karena tidak ada los atau kios, bersih dan rapi, tidak banjir.

"Di pasar yang baru pedagang yang jualan hanya menggelar dagangan di lantai. Persoalannya hanya tidak teratur. Kesimpulannya itu, penataan saja supaya rapi," kata Rustan.

Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura Timbul Sipahutar, sebelum membangun pasar yang representatif, hal pertama dilakukan pihaknya adalah dengan studi banding terkait pengelolaan pasar di daerah lain, agar pasar tradisional menjadi pasar modern.

"Sehingga saat membangun pasar bisa tertata dengan rapi, bersih, sehingga orang datang berbelanja dan merasa senang. Ini harapan kami ke depan termaksud pasar Youtefa yang baru agar tercipta situasi yang baik sehingga terjadi kerja sama yang baik antara pemerintah, pedagang, dan masyarakat umum sebagai pembeli.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura Robert L. N. Awi, mengatakan, kendala dalam pengolahan pasar di Kota Jayapuara karena setiap pedagang memiliki karakter yang berbeda-beda, yaitu menggelar dagangan.

"Harapan kami ke depan dengan disiapkan pasar yang baru ini, seluruh fasilitasnya dapat kami lengkapi, dan kami pastikan nyaman untuk di kunjungi. Kami terus melakukan penataan dan proteksi terutama kepada mama Papua itu sudah mejadi perhatian Pemerintah dan DPRD Kota Jayapura," kata Robert.

Terkait kondisi aktual Pasar Induk Regional Youtefa, kata Robert, pada musim hujan selalu banjir sehingga tidak nyaman dan humanis untuk dikunjungi baik pembeli dan pedagang.

Maka itu, lanjut Robert, dengan dana DAK, Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura melakukan perbaikan jalan, dan lokasi yang rawan banjir sudah ditimbun dengan harapan membantu pedagang sehingga menambah penghasilan sebelum di pindahkan ke pasar Youtefa yang baru.

Dibaca 532 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX