Jumlah Pelanggan Air Bersih di PDAM Jayapura 31.900 | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Abdul M. Petonengan. Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Abdul M. Petonengan.

Jumlah Pelanggan Air Bersih di PDAM Jayapura 31.900

Ekonomi & Bisnis Penulis  Selasa, 21 November 2017 17:45 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Abdul M. Petonengan mengatakan hingga November 2017 ada 31.900 jumlah pelanggan air bersih di PDAM Jayapura.

"Dari 31 ribu pelanggan itu, 85 persen adalah pelanggan rumah tangga, dan paling banyak tunggakannya," kata Abdul di Kota Jayapura, Selasa (21/11/17).

Kata Abdul, ada dua hal yang krusial yang dihadapi PDAM Jayapura, yaitu cakupan pelayanan yang belum bisa mencapai target dan jam pelayanan yang belum dioptimalkan sehingga tingkat kebocoran masih cukup tinggi.

"Saat kami sedang telusuri dari pelanggan 31 ribu lebih ada yang kami segel. apakah sudah dibuka kran airnya atau masih tersegel. Setelah kami telusuri ternyata ada 800 pelanggan yang secara diam-siam sudah menyambung airnya," kata Abdul.

Diungkapkan, dari 31 ribu lebih pelanggan air bersih di PDAM Jayapura, ada yang menunggak pembayaran hingga dua tahun. Hal ini, kata Abdul, mengurangi pendapatan di PDAM Jayapura. Aturan di PDAM, tiga bulan tidak membayar langsung di tutup.

Terkait ketersediaan air saat Natal dan Tahun Baru, kata Abdul, meski PDAM kehilangan air bersih sebanyak 47 persen seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, PDAM Jayapuara menjamin ketersediaan air bersih.

"Tinggal kami mengupayakan melakukan pelayanan agar ketersediaan air bersih mencukupi untuk pelanggan. Pada dasarnya menjelang Desember, pipa kami yang selama ini sering rawan longsor sudah kami antisipasi agar tidak terjadi kerusakan," kata Abdul.

"Pengalaman kami di tahun lalu, pas orang lagi merayan tahun baru, kami di hutan kerja pipa karena longsor," kata Abdul menambahkan.

Dibaca 1009 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.