Pemerintah Inggris Dukung Dialog Jakarta-Papua | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat menerima kunjungan Duta Besar Inggris, Moazzam Malik. Gubernur Papua, Lukas Enembe saat menerima kunjungan Duta Besar Inggris, Moazzam Malik.

Pemerintah Inggris Dukung Dialog Jakarta-Papua

Headline Penulis  Minggu, 19 November 2017 18:12 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Pemerintah Inggris mendukung dialog antara Jakarta - Papua guna penyelesaian berbagai persoalan yang terjadi di wilayah di Tanah Papua.

Duta Besar Pemerintah Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik dalam kunjungan kerjanya dan melakukan pertemuan dengan Gubernur Lukas Enembe, menyarankan agar dalam dialog tersebut pun diharapkan bisa melibatkan warga Papua yang berada di luar negeri. Sebab, merekalah yang paling kritis menyuarakan tentang berbagai persoalan di Papua di mata dunia internasional. Ungkapnya, Jumat (17/11/2017) malam.

Selain itu, Pemerintah Inggriis juga berencana akan menurunkan tim ke Papua, untuk bekerjasama di bidang energi.
Moazzam mengatakan, pihaknya sangat mendukung Papua, terutama menjawab aspiras masyarakat di segala bidang. "Tahun depan Kedutaan Inggris akan perintahkan tim ke Papua. Mereka akan melihat dan kalau ada kesempatan mendukung keperluan listrik tetapi secara ramah lingkungan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan bekerjasama di bidang pendidikan untuk jangka panjang, dengan harapan kedepan putra-putri Papua mampu bersaing dengan suku pendatang dari provinsi lain di Indonesia.

"Harus ada investasi pendidikan, untuk itu Cambridge Inggris akan mengajarkan anak-anak Papua untuk fasih berbahasa inggris," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Lukas Enembe menyatakan, Pemerintah Inggris mempertegas komitmennya untuk mendukung Papua tetap berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk dukungan dialog yang akan dilakukan melalui Jaringan Damai Papua (JDP).

“Kita sambut baik keinginan pemerintah Inggris yang mengutamakan keinginan rakyat Papua, memperhatikan masyarakat Papua, menjaga NKRI. Mereka juga tanya soal dialog yang diinginkan oleh masyarakat Papua. Mereka sarankan kalau mau dialog berarti harus libatkan warga papua yang ada di luar negeri. Sebab mereka yang di luar negeri yang paling bersuara. Jadi mereka dalam bentuk organisasi apapun harus dilibatkan dalam dialog antara pemerintah Papua dan Jakarta,” ungkap Gubernur menyambung apa yang disampaikan oleh Dubes Inggris.

“Kami berharap semua Dubes yang ada datang ke Papua bisa melihat langsung kehidupan di Papua. Termasuk peristiwa yang saat ini terjadi di Tembagapura. Mereka berharap ada penyelesaian secepatnya yang dilakukan olehh pemerintah dan aparat keamanan,” katanya.

Dibaca 614 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.