347 Warga Kimbeli Dan Utikini Berhasil Dievakuasi | Pasific Pos.com

| 17 July, 2019 |

Aparat keamanan saat mengevakuasi warga Kimbeli dan Utikini distrik Tembagapura kabupaten Mimika, Jumat (17/10/17) pagi. Aparat keamanan saat mengevakuasi warga Kimbeli dan Utikini distrik Tembagapura kabupaten Mimika, Jumat (17/10/17) pagi.

347 Warga Kimbeli Dan Utikini Berhasil Dievakuasi

Headline Penulis  Jumat, 17 November 2017 18:02 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Sebanyak 347 orang warga Kimbeli dan Utikini distrik Tembagapura kabupaten Mimika Jumat (17/10/17) pagi berhasil dievakuasi.

Evakuasi diawali dengan gerak cepat anggota Kopasus sebanyak 13 oarang dan prajurit dari batalyon 753 sebanyak 30 orang guna menguasau Kimbeli, sementara 2 tim dari taipur Kostrad menguasi Banti.

Atas perintah Pangdam XVII/Cenderawasih, agar prajurit menguasai pos pos pengamanan TPN/OPN .

Evakuasi warga Kimbeli dan Utikini


Kepala penerangan kodam (Kapendam) XVII/Cendrawasih, Kol Muh. Aidi dalam keterangan persnya mengatakan, kurang dari 2 jam seluruh medan berhasil dikuasai oleh prajurit sementara para separatis melarikan diri ke hutan dan gunung.

"Belum bisa dipastikan apakah kelompok separatis OPM ada yang korban karena cuaca berkabut sanggat tebal," ujar Kapendam.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah seluruh wilayah dikuasai dan situasi dinyatakan aman, Pangdam XVII/Cenderawasi berkoordinasi dengan Kapolda agar segera mengirimkan tim evakuasi.

Evakuasi warga Kimbeli dan Utikini


"Tidak lama kemudian tim satgas terpadu TNI/Polri tiba di lokasi melaksanakan evakuasi. Sekitar pukul 14.00 proses evakuasi berhasil dilaksanakan dengan jumlah 347 orang terdiri dari warga pendatang dan pribumi," ujar Kapendam.

Lanjutnya, untuk penduduk asli setempat memilih tetap tinggal dengan jaminan keamanan dan dukungan logistik.

" Saat ini pasukan pengaman tetap tinggal di lokasi mengamankan warga dan kampung," ujar Kependam.

Evakuasi warga Kimbeli dan Utikini


Hingga pukul 13.55 Wit tercatat sudah 8 (delapan) bus yang mengangkut warga Kimbeli dan Utikini. 7 (tujuh) bus singgah di sporthall Tembagapura sedangkan 1 bus lainya langsung menuju ke sporthall Hidden Valley.

Setibanya di sporthall Tembagapura, warga yang dievakuasi mendapatkan pertolongan pertama dari medis bagi yang sakit dan mendapatkan makanan yang dibagikan oleh pihak SRM.

Seluruh warga yang berhasil di evakuasi akan dilakukan pendataan dan dokumentasi di sporthall Hidden Valley mile 66.

Dibaca 619 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX