Aptikom Ditantang Majukan TIK di Pedalaman Papua | Pasific Pos.com

| 26 May, 2019 |

Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) yang diselenggarakan di Kota Jayapura. Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) yang diselenggarakan di Kota Jayapura.

Aptikom Ditantang Majukan TIK di Pedalaman Papua

Headline Penulis  Kamis, 02 November 2017 20:06 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) yang diselenggarakan di Kota Jayapura, resmi dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mewakili Gubernur, Kamis (2/11/2017).

Dalam sambutannya Loupatty berharap dengan Rakornis Aptikom dapat berkontribusi dalam percepatan pembangunan di Provinsi Paling timur Indonesia ini.

“Saya mau menantang para peserta Rakornas, karena kalian sudah sepakat Rakornas disini, maka bagaimana melalui Rakornas ini, nantinya pengetahuan TIK orang orang yang ada di Jakarta maupun di Kota Jayapura bisa kemudian diterapkan di kampung kampung. Karena salah satu yang tertinggal dari mereka yang ada di kampung terpencil itu adalah komunikasi,” tantang Loupatty kepada para peserta.

Kegiatan Rakornas yang berlangsung selama 4 hari ini, diikuti oleh seluruh perwakilan Perguruan Tinggi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh Indonesia.

Dikatakan, dilihat dari kondisi geografis Papua yang cukup sulit tentunya sangat memerlukan kehadiran teknologi informasi dan
komunikasi. Bagaimana pengetahuan masyarakat tentang TIK yang hidup di perkotaan juga bisa setara dengan mereka yang hidup di kampung kampung terpencil di Papua.

Harapan yang sama juga diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah XIV, Meta Gomes. Dia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat yang harus menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang akan memberikan kontribusi sangat besar bagi ia papua di segala bidang.

Sementara itu, Ketua Umum Aptikom RI, Zainal Hasibuan mengungkapkan, Rakernas di Papua merupakan moment luarbiasa, karena disetujui oleh seluruh peserta Rakornas yang hadir pada pertemuan setahun lalu di Lombok, NTB. Dia mengaku awalnya agak khawatir karena letak Papua yang cukup jauh, banyak peserta yang tidak hadir.

“Bersyukur bahwa sejak dimulai kemarin (1 November-red) dalam acara konferensi International banyak peserta yang hadir begitupun dengan Rakornas yang dimulai hari ini,” ucapnya.

Sesuai tema Rakornas, ujar Zainal, pihaknya terus berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan SDM dalam hal ini di bidang TIK guna peningkatan daya saing bangsa dan juga daerah.

“Kita melihat saat ini pemanfaatan Aptikom belum secara optimal. Dimana kami ciptakan lulusan yang berkompeten, bertanggung jawab pada trend. Untuk bagaimana kita bersama dengan Aptikom di Indonesia bagian timur, dapat memperkuat komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan kualitas pendidikan, lingkungan dan meningkatakan daya saing bangsa,” ujarnya.

Dibaca 691 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.