Pelabuhan Laut Jayapura Pintu Peredaran Ganja | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Barang bukti yang diamankan dari salah satu pelaku yang hendak meyeludupkan Ganja melalui Pelabuhan Laut Jayapura. Barang bukti yang diamankan dari salah satu pelaku yang hendak meyeludupkan Ganja melalui Pelabuhan Laut Jayapura.

Pelabuhan Laut Jayapura Pintu Peredaran Ganja

Kriminal Penulis  Kamis, 02 November 2017 18:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

“Polsek KPL dan Sat Res Narkoba terus tingkatkan pengawasan”


JAYAPURA,- Sejak enam bulan terakhir pihak Kepolisian Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura sedikitnya telah mengaggalkan 9 kasus penyeludupan Ganja yang hendak diedarkan oleh oknum-oknum pelaku di kabupaten lainnya yang ada di provinsi Papua dan Papua Barat.

Kapala Kepolisian Sektor Pelabuhan Laut Jayapura, Iptu Wiltson R Latuasan menuturkan, dari 9 kasus ada sembilan Pelaku yang diamankan serta dilimpahkan kepada Satuan Narkoba Polres Jayapura Kota guna ditindaklanjuti.

“Dari pengungkapan kasus di Pelabuhan Laut Jayapura barang bukti yang diamankan sampai hari ini berjumlah 165 bungkus plastik Ganja ditambah dua karung, kalau ditimbang berkisaran hingga 10 Kg. Sementara untuk pelaku sendiri umumnya berusia produktif 17 hingga 20 Tahun,” ungkapnya saat ditemui di Mapolsek KPL Jayapura, Kamis (2/10/17) pagi.

Kata Ongker sapaan akrab Kapolsek, hingga saat ini pihaknya di Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura akan terus berupaya meningkatkan pengawasan terhadap maraknya penyeludupan Narkotika maupun Minumas Keras yang kelaur maupun masuk di Palabuhan Jayapura, mengingat sudah mendekati Hari Raya Natal 2017 pihaknya akan memperketat penjagaan terhadap penumpang yang naik maupun turun guna mengantisipasi penyeludupan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polre Jayapura Kota, AKP Agus Tianto saat diwawancarai di tempat terpisah, terkait maraknya penyeludupan Narokita khususnya Ganja ke Daerah-daerah pesisir yang ada di Papua dan Papua Barat dirinya mengaku, Pelabuhan Jayapura salah satu jalur tempat penyelundupan ganja antara daerah. Hal ini seiring dengan sering ditangkapnya pengedar ganja melalui Palabuhan laut.

Untuk menjaga Pelabuhan Jayapua dari peredaran ganja, baik itu yang beredar ke luar ataupun ke dalam, tim Opsnal Polres Jayapura Kota berjaga-jaga di Pelabuhan Jayapura, hal ini untuk mengantisipasi penyelundupan dan pengedaran ganja.

“Satu-satunya trasnportasi yang murah meriah ke luar dari Kota Jayapura dengan menggunakan sarana kapal laut, bahkan kemungkinan mereka ini ketika naik kapal tidak membeli tiket dan menjadi penumpang gelap,” ucap Agus.

Dikatakannya, hingga 6 bulan terakhir sebanyak 500 bungkus ganja dengan berbagai ukuran diamankan anggotanya. Keseluruhan barang bukti dan tersangkanya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan untuk prosedur selanjutnya.

“Pusat ganja berasal dari Papua Nugini, sebagian pelakunya bukan hanya melewati area perairan melainkan juga jalan raya dan jalur-jalur tikus. Mencari celah untuk mengelabui aparat,” terangnya.

Dibaca 642 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX