Dinkes Diminta Segera Sikapi Penyakit Misterius di Samenage | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Anggota DPR Papua, Nathan Pahabol. Anggota DPR Papua, Nathan Pahabol.

Dinkes Diminta Segera Sikapi Penyakit Misterius di Samenage

Headline Penulis  Kamis, 19 Oktober 2017 21:42 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Natahan Pahabol : Ini Harus Segera Mendapat Tindakan Cepat


 Jayapura,- Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Kabupaten Yahukimo serta UP2KP diminta segera turun ke lokasi untuk mengecek penyakit misterius yang telah memakan 11 nyawa di Distrik Samenage Kabupaten Yahukimo.

Hal tersebut dipertegas oleh Anggota DPR Papua dari daerah pemilihan (Dapil) Yahukimo, Nathan Pahabol.
 
Menurutnya, penyakit misterius itu diduga merupakan kejadian luar biasa yang kesekian kalinya setelah kejadian sebelumnya yang memakan puluhan korban nyawa di lokasi yang sama.
 
“Ini harus segera mendapat tindakan cepat dari Dinkes Provinsi, Kabupaten Yahukimo dan UP2KP untuk turun ke lokasi guna melakukan pemeriksaan serta penelitian terhadap penyebab kematian puluhan orang di sana,” kata Nathan Pahabol kepada wartawan di Kantor DPR Papua, Kamis (19/10/17).
 
Dikatakan, dengan ciri-ciri kematian seperti rambut rontok, badan bengkak dan kulit terkelupas, maka ciri-ciri tersebut dinilai sebagai penyakit aneh tapi nyata, bahkan bisa dikatakan sebagai virus.
 
“Ciri-ciri ini sangat asing dan ini sebagai virus yang baru masuk di Papua, karena itu kalau sakit saja, kok bisa sampai memakan korban?. Jadi ini bisa dikatakan virus dan jika kondisi ini terus menyebar maka tentu resikonya berat didaerah itu bahkan didaerah sekitarnya,” ungkapnya.
 
Dengan adanya penyakit misterius ini yang begitu mengkhawatirkan, maka Dinas Kesehatan, UP2KP segera turunkan tim untuk melakukan investigasi terhadap kematian belasan warga, distrik Samenage.
 
“Apakah ini lanjutan dari 48 korban jiwa yang sebelumnya atau ini kejadian baru, yang masuk di wilayah tersebut. Ini perlu ada tim ahli yang melihat, untuk memeriksa bahwa betul ini merupakan virus,” ujar Nathan.
 
Untuk itu, ia berharap agar ada langkah cepat dan tepat yang dilakukan oleh instansi terkait, sehingga tidak jatuh korban lagi.
 
Selain itu, Natan juga meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo untuk bangkit dan bekerja maksimal untuk menyelamatkan nyawa warga Samenage.
 
“Jadi bukan duduk diam tapi harus turun ke lapangan, dan pastikan penyakit apa ini dan segera lakukan pengobatan agar tidak melebar kepada masyarakat yang sehat, dan akhirnya masyarakat bisa habis,” tegasnya.
 
Untuk itu, Natan Pahabol meminta Bupati Yahukimo segera cepat tanggap terhadap kejadian di Samenage tersebut.
 
 “Ya, bupati harus menseriusi masalah ini, kalau tidak maka tiap hari akan jatuh korban yang mengakibatkan meninggal dunia, “ tandasnya. (TIARA)

Dibaca 499 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.