KAPP Bentuk Satgas Kawal Pergub Kebangkitan Ekonomi OAP | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Foto bersama Ketua Umum KAPP Pusat Merry C. Yoweni bersama para pengurus. Foto bersama Ketua Umum KAPP Pusat Merry C. Yoweni bersama para pengurus.

KAPP Bentuk Satgas Kawal Pergub Kebangkitan Ekonomi OAP

Headline Penulis  Rabu, 18 Oktober 2017 21:48 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengawal Peraturan Gebernur (Pergub) Kebangkitan Ekonomi Orang Asli Papua (OAP).

Ketua Umum KAPP Pusat Merry C. Yoweni mengatakan, sejak dideklarasikan pada 7 September 2017 hingga kini sudah terhitung selama satu bulan lebih pihaknya menunggu diterbitkannya pergub ekonomi tersebut.

Jadi, Satgas yang dibentuk ini terdiri orang-orang yang peduli atas Pergub sampai nanti ditandatangai oleh Gubernur Papua. kami akan setiap hari mendatangi Kantor Gubernur untuk mengawal sejauh mana Pergub ini, karena ini juga merupakan satu proses pembelajaran untuk kami di KAPP, karena banyak perdasus yang lahir tapi tidak memiliki petunjuk teknis, sehingga perdasus tersebut mandul,” ujar Mery kepada pers di Jayapura, Rabu (18/10/17).

Menurutnya, pengawalan ini merupakan bentuk pengawasan terhadap kebijakan pemerintah agar benar-benar dapat dieksekusi sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo yang diterjemahkan melalui visi serta misi Gubernur Papua yakni Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

Oleh karena itu, Mery berharap prosesnya tidak ditunda-tunda lagi. “Kami berharap Pergub ini dapat dieksekusi sebelum akhir Oktober, janganlah ditunda lagi karena otonomi khusus akan segera berakhir," katanya lagi.

Dia menambahkan satgas ini berjumlah 40 orang dan akan dibagi per tim yang setiap harinya mengecek, mengawal serta mengawasi proses pembahasan pergub ekonomi kerakyatan tersebut hingga ditandatangi dan diterbitkan oleh Pemprov Papua.

Sebelumnya Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia I Loupatty apa yang menjadi keinginan KAPP sudah disampaikan dan telah dipelajari sebagian.

“Ada beberapa catatan untuk kami pemerintah daerah berdiskusi tersendiri. Nantinya kami juga akan bertemu lagi. Untuk menyampaikan bagaimana ekonomi dari pengusaha orang asli Papua yang terhimpun dalam KAPP,” jelasnya.

Kata dia, Pemerintah Provinsi sendiri memandang kehadiran KAPP  bagus untuk kebangkitan ekonomi pengusaha Orang Asli Papua (OAP).
“Saya rasa ini satu pikiran yang baik menurut saya dan pak Gubernur yang selama ini juga memberikan perhatian terhadap KAPP,” imbuhnya.

Sementara itu, Silas Ayomi selaku Sekertaris Umum Asosiasi Nelayan Pribumi Papua (ASNEPA) berharap pemerintah Provinsi papua segera bahas dan ditandatangai oleh Gubernur Papua.

“Jangan diulur terlalu lama. Akan tetapi kalau bisa sesegera mungkin dikeluarkan aturan gubernur, terkait kebangkitan ekonomi orang asli Papua,” ujarnya.

Lanjutnya, apa yang perjuangkan oleh KAPP,  sebagai momen yang sangat penting dan harus didukung untuk mengembalikan citra pemerintah bahwa pemerintah itu berhasil memperhatikan orang asli Papua.

Dibaca 395 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX