TNI Adalah Institusi Yang Paling Solid dan Terpercaya | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Kasdam XVII/Cenderawsih, Brigjend  TNI Herman Asaribab ketika mengecek persiapan prajurit dalam upacara HUT TNI di lapangan Lantamal X Jayapura, Kamis (5/10/17). Kasdam XVII/Cenderawsih, Brigjend TNI Herman Asaribab ketika mengecek persiapan prajurit dalam upacara HUT TNI di lapangan Lantamal X Jayapura, Kamis (5/10/17).

TNI Adalah Institusi Yang Paling Solid dan Terpercaya

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 05 Oktober 2017 21:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

“Tujuh Perintah Panglima TNI Wajib Dilaksanakan Prajurit”


Jayapura,- Peringatan perayaan Hari Ulang Tahun ke 72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober, dengan thema “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Dan ini merupakan momentum bagi setiap prajurit TNI, khususnya bagi wilayah Kodam XVII/Cenderwasih, Lantamal X Jayapura, dan Lanud Jayapura.

Untuk itu, pada peringatan HUT TNI ke 72 ini, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjend TNI Herman Asaribab menegaskan, prestasi dan kinerja  optimal TNI yang telah mendapatkan penilain positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan lagi dimasa mendatang.

“Implematsi prajurit TNI harus selalu menjadi suritauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.  Karena dari sebuah prestasi tersebut tentunya berdampak pada terpeliharanya mayarakat terhadap pengabdian TNI karenanya tidak diragukan lagi dalam kurung dua tahun ini publik tetap menilai bahwa TNI merupak institusi yang paling dipercaya, “ tegas Panglima dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Herman Asaribab melalui upacara HUT TNI yang berlangsung di lapangan Bola Lantamal X Jayapura, Kamis (5/10/17) pagi.

Bahkan kata Panglima, survey terakhir yang dilakukan oleh lembaga survey  center for strategi Internasional study bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya.

“Kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang diukir oleh pimpinan TNI dan pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan, “ ujarnya.

Guna menumbuhkan hati dan menguatkan segenap jiwa prajurit TNI,  Panglima  TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengingatkan dan menginstruksikan sebanyak tujuh perintah Panglima TNI yang wajib dilaksanakan setiap prajurit TNI di wilayah jajaran dan harus dipedomani dalam melaksanakn tugas di lapangan.

“Ke tujuh perintah yakni, pertama prajurit dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan  Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, “ kata Panglima.

Perintah kedua, lanjut Panglima, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya Negara, bersatu berverainya bangsa.

Oleh karena itu, kata Panglima, tempat tugas yang diberikan merupakan tugas diatas segal-galanya karena tugas yang diberikan kepada setiap prajurit yang merupakan alat Negara adalah suatu kehormatan, harga diri dan kebanggaan
Ketiga tegas Panglima, prajurit mampu menjunjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Keempat, pegang teguh disiplin keparajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, tata hokum dan hormati hak asasi manusia.

Kelima, prajurit wajib membina solidaritas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando si setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Keenam, selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dengan aktif berperan dengan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan  lingkungan dimanapun berada.

 “Lanjutkan hal-hal postif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan tekbologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war yang menjadi ancaman nyata bangsa saat ini, “ tegas Panglima.

Kemudian ketujuh, laksanakan semua tugas dengan niat  berbuat baik, berani, tukus dan ihkals hanya untuk Negara Kesatuan Republik  Indonesia.

Dalam peringatan HUT TNI ke 72 ini, Panglima mengajak kepada semua prajurit TNI diseluruh jajaran untuk menyikapkan diri dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa aehingga semua senantiasa dalam lindungan dan memberikan kelimpahan serta kekuatan dalam pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan Negara. (Tiara)

Dibaca 573 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.