Kapolda Bantah Bebaskan Lima Tersangka Makar | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

Kapolda Bantah Bebaskan Lima Tersangka Makar

Headline Penulis  Selasa, 05 Mei 2015 17:07 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Polisi Yotje Mende membantah isu tak sedap yang menyebutkan kepolisian telah membebaskan empat delegasi Komite Independen Papua dan Kepala Polisi Negara Republik Federal Papua Barat yang terjerat kasus Makar.
Menurut Kapolda, ke-lima tersangka Makar tersebut hanyalah ditangguhkan penahanannya, karena telah bersikap koperatif. Kapolda juga memastikan kelima tersangka akan tetap menjalani proses hukum.  
“Dasar itulah, akhirnya kami menyetujui penangguhan penahanan bagi 5 tersangka Makar. Lain halnya kalau mereka mendapat pengampunan dari Presiden, tentu kami bebaskan,” kata Kapolda saat ditemui wartawan, Senin (4/5).
Kapolda juga menegaskan bahwa proses hukum terhadap kelima tersangka atas kecurigaannya tergabung dalam Kelompok Organisasi Kemasyarakatan yang dikenal sebutan Komite Nasional Papua Barat. Mereka juga dianggap hendak mendirikan Negara diatas Negara.
Soal adanya kabar bahwa ke-lima tersangka adalah tamu Menteri Pertahanan RI, Kapolda menyatakan tetap akan memproses kelima tersangka atas butki melakukan tindakan Makar. Dimana, mereka bertemu dengan Menhan RI dengan tujuan guna mendirikan Negara dengan bukti gambar visual.
”Jelas dari gambar itulah, mereka berbuat Makar dan terbukti melanggar pasal 106, 108 ayat 2 Junto pasal 53 ayat 1 dan 55 ayat 1 satu KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup dan 20 tahun penjara,” tegasnya.
Dalam pemberitaan sebelumnya, Kepolisian Resort Jayapura menangkap tujuh orang yang diduga bagian dari Kelompok Organisasi Ilegal di Papua. Dari tujuh orang, dua dibebaskan karena tidak cukup bukti, sedangkan lima sisanya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan Makar.
Dari kelima tersangka, satu tersangka berinisial EA mengaku sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Federal Papua Barat dengan pangkat Jenderal Bintang Empat. Sementara empat lainnya merupakan Delegasi Komite Independent Papua. Mereka berinisial   OB, DF, LM dan MES. (Syaiful)

Dibaca 576 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.