Kanwil Kemenkumham Papua Tagih Janji Gubernur | Pasific Pos.com

| 23 May, 2019 |

Kakanwil Kemenkumham Papua, Abner Banosro. Kakanwil Kemenkumham Papua, Abner Banosro.

Kanwil Kemenkumham Papua Tagih Janji Gubernur

Headline Penulis  Senin, 11 September 2017 18:24 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kantor Wilayah (Kanwil ) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua menagih janji satu unit mobil ambulance yang dijanjikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe saat penyerahan remisi di Lapas Abepura pada 2014 silam.

Kakanwil Kemenkumham Papua Abner Banosro mengatakan, pada tahun 2014, kami sampaikan ke Gubernur terkait kekurangan fasilitas yang dimiliki di Lapas Abepura, dimana kami sangat membutuhkan mobil ambulance untuk membawa narapidana atau tahanan yang sakit untuk berobat keluar. Saat itu Gubernur berjanji akan segera memenuhi permintaan kami.

Namun hingga 2017, Ambulance yang dinanti tak kunjung tiba. Padahal, menurut Abner, kendaraan operasional tersebut sangat dibutuhkan.

Pasalnya selama ini jika ada narapidana atau tahanan yang sakit terkadang hanya bisa diantar dengan menggunakan sepeda motor, karena keterbatasan kendaraan di Lapas Abepura. Ungkapnya saat melakukan pertemuan dengan Pemprov Papua yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Elia Loupatty berlangsung di ruang Sekda kantor Gubernur, Senin (11/9).

"Pernah sekali ada tahanan dari Tipikor diantar berobat ke rumah sakit oleh petugas Lapas, di tengah perjalanan tahanan itu minta berhenti untuk membeli sesuatu di kios. Namun ternyata dia kabur melarikan diri. Kejadian seperti ini yang kami tidak mau terjadi," bebernya.

Abner mengungkapkan, permintaan ini sudah beberapa kali diutarakan ke Pemerintah Provinsi, " Waktu penyerahan remisi 2016 lalu, kami sudah ngomong, juga waktu  kita melakukan pertemuan dengan Gubernur yang difasilitasi oleh Sekda beberapa waktu lalu. Saat itu Gubernur malah heran, kenapa belum diberikan, jadi kami tidak tahulah," bebernya lagi.

Ia berharap permintaan kendaraan Ambulance ini bisa dapat segera terealisasi, untuk membantu mengevakuasi  narapidana yang membutuhkan pertolongan medis segera.

Sementara itu menanggapi permintaan Abner Banosro, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Elia Loupatty menyatakan, pihaknya akan menggelar rapat khusus untuk kemudian hasil rapat tersebut akan didorong segera ke Gubernur.

Dibaca 613 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.