Hasil Pleno PSU, Pasangan MARIO Unggul Penghitungan Sementara | Pasific Pos.com

| 23 May, 2019 |

Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara PSU Pilkada Kabupaten Jayapura, Senin (28/8/17) di Hotel Sentani Indah. Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara PSU Pilkada Kabupaten Jayapura, Senin (28/8/17) di Hotel Sentani Indah.

Hasil Pleno PSU, Pasangan MARIO Unggul Penghitungan Sementara

Headline Penulis  Selasa, 29 Agustus 2017 20:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua telah selesai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Jayapura tahun 2017. Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jayapura nomor dua, Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro (MARIO) unggul sementara dengan perolehan 24.111 suara.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang digelar di Hotel Sentani Indah (HSI), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, pada hari Senin (28/8/17) sekitar pukul 10.00 WIT ini berakhir hingga pukul 23.00 WIT.

Ada satu saksi yang diminta keluar dari ruang pleno oleh KPU Papua saat rapat pleno berlangsung, karena saksi itu diketahui bekerja untuk dua pasangan calon (Paslon) yakni pasangan calon nomor urut satu dan nomor urut tiga.
Proses rapat pleno rekapitulasi ini diwarnai interupsi karena permasalahan penghitungan suara di tingkat PPD yang paling banyak ditemui dan juga aksi walk out (WO) karena adanya interupsi dari saksi paslon nomor dua (MARIO) yang mempermasalahkan saksi dari paslon nomor tiga atas nama Erol Marwery yang diketahui pernah menjadi saksi untuk paslon nomor satu saat pleno di tingkat PPD.

Setelah semuanya selesai, Ketua KPU Papua Adam Arisoy membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara. Pasangan nomor urut satu Yanni-Zadrak Afasedanya meraup 4.748 suara, pasangan calon nomor urut dua Mathius Awoiatuw-Giri Wijayantoro memperoleh 24.111 suara.

Sementara paslon nomor urut tiga Godlief Ohee-Frans Gina memperoleh 1.014 suara, Siska Yoku-Marselino Waromi yang merupakan paslon nomor urut empat hanya memperoleh 504 suara. Selanjutnya pasangan calon terakhir (5) Jansen Monim-Abdul Rahman Sulaiman meraup 8.462 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, paslon nomor urut dua Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro unggul sementara dan memperoleh suara terbanyak dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara PSU tersebut, dan disusul paslon Jansen Monim-Abdul Rahman Sulaiman. Selisih suara keduanya yaitu 15.649 suara.

Usai pembacaan hasil perolehan suara, Ketua KPU Papua Adam Arisoy menyampaikan bahwa hasil perolehan suara itu belum final (akhir). Pasalnya, masih ada rekomendasi dari Bawaslu RI untuk melakukan pencermatan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jadi, hasil ini belum final karena ada rekomendasi dari Bawaslu untuk dilakukan pencermatan pada 39 TPS. Sehingga hasil pleno belum final, namun kita hanya buatkan berita acaranya saja guna mengamankan pelaksanaan pleno kita ini, jelasnya.

Terkait adanya rekomendas bawaslu RI tersebut, lanjut Adam menyatakan, bahwa pihaknya akan melakukan pencermatan terhadap 39 TPS yang akan dilakukan pada tanggal 29 Agustus 2017 (kemarin-Red) di Kantor KPU Papua.
Nah, untuk rekomendasi Bawaslu itu, kita akan melakukan pencermatan pada besok pagi (Selasa)di Kantor KPU Papua. Setelah itu, tanggal 30 Agustus (Hari ini) skors akan kita buka kembali, beber Adam diakhir wawancara.

Dibaca 861 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.