Elvis Tabuni : Satu Cagub Maka Pilgub Aman | Pasific Pos.com

| 26 May, 2019 |

Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni

Elvis Tabuni : Satu Cagub Maka Pilgub Aman

Headline Penulis  Kamis, 24 Agustus 2017 19:34 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hanya diikuti satu calon saja. Dukungan tersebut, menyusul adanya pernyataan salah satu bakal calon Pilkada Gubernur, yang juga mengklaim telah mendapatkan partai pendukung untuk maju pada Pilgub Papua 2018 mendatang.

“Saya melihat media,  Ones Pahabol mengklaim 15 kursi perlemen untuk pilgub Papua, menurutnya ia punya hak politik yang sama, tapi itu menurutnya,” kata Elvis kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (24/8).
Ia mengatakan, jika menurut Ones Pahabol semua anak Papua punya hak yang sama, kata Elvis itu benar sekali. Tapi, Ones juga harus melihat sisi dampak dari pelaksanaan Pilkada sebagaimana yang sudah terjadi di beberapa daerah di Provinsi Papua.

“Ones Pahabol harus tau itu, jika semua anak daerah  muncul sebagai figus maka akan munculkan peristiwa-peristiwa konflik,” kata Elvis.
Kebanggaan dari pertarungan Pilkada beberapa Gubernur di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia, lanjut Elvis memang ada demokasi di dalamnya. Hanya saja, mereka itu belum melihat secara keseluruhan untuk Papua seperti apa. Di Papua khususnya daerah pedalaman dan pegunungan,bahkan di pesisir pantai mereka belum melihat, bagaimana dampak yang terjadi, dan itu nyata, banyak korban akibat Pilkada.

Ia mencontohkan, Kota Jayapura karna hanya satu calon maka tidak ada konflik. Sebaliknya di wilayah Pegunungan, seperti Yahukimo, Pegunungan Bintang, Puncak Jaya, Tolikara atau Nduga,  pelaksanaan Pilkada sudah banyak memakan korban harta dan nyawa. “Untuk satu kabupaten saja kita sudah pusing, apalagi ini Pilkada Gubernur yang 29 Kabupaten? Jika setiap masyarakat klaim pendukungnya si A, masyarakat lain juga bilang pendukung B, wah pasti semua akan bermasalah, dan akan timbul korban lagi,” jelas Elvis.

Sehingga, Komisi 1, menilai adanya dukungan semua Parpol terhadap Lukmen merupakan putusan yang sangat menilai positif.”Kami apresiasi partai pendukung, karena mereka pertimbangkan kondisi keamanan,” jelasnya.
Komisi 1 berharap, semua masyarkat di Papua dukung  apa yang sudah didukung oleh partai. Jika memang cuma satu kandidat yang didukung, mari kita dukung. “Masyarakat harus mengapresiasi karna dengan satu calon maka Pilkada akan aman,” tutupnya.

Dibaca 474 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX