Polres Yahukimo Dan Polres Jayawijaya Fasilitasi Penyelesaian Perang Suku | Pasific Pos.com

| 26 August, 2019 |

Anggota DPR Papua, Lazarus Siep Anggota DPR Papua, Lazarus Siep

Polres Yahukimo Dan Polres Jayawijaya Fasilitasi Penyelesaian Perang Suku

Lintas Daerah Penulis  Senin, 31 Juli 2017 01:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wamena, Polres Yahukimo dan Polres Jayawijaya bertindak sebagai fasilitayor dalam rangka penyelesaian perang suku. Pertemuan ini dilaksanakan di Mapolresta Jayawijaya Jl. Safri Darwin Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya.
Perang suku ini terjadi pasca penikaman dinpasar Jibama pada tanggal 19 Juli lalu. Perang suku terjadi  antara distrik Werima dengan Distrik Mugi Kabupaten Yahukimo.

Kompol Yohan Itlay selaku Waka Polres Yahukimo pada pertemuan ininmengatakan, bahwa  kami atas nama Polres Yahukimo datang kesini untuk membantu menyelesaikan masalah dan kami tidak ada niat untuk berpihak pada satu pihak. "Dengan pertemuan yang saat ini dilaksanakan semoga masalah yang terjadi dapat diselesaikan dan tidak ada saling serang dikemudian hari," ujarnya
Sementara itu, Lazarus Siep  selaku tokoh masyarakat dan anggota DPRD Provinsi Papua menyatakan menyesal atas kejadian ini karena perang suku ini adalah pekerjaan yang tidak benar.
"Kami di provinsi mempunyai program pembangunan untuk kabupaten Yahukimo, namun melihat kejadian ini saya menjadi malu, oleh karena itu pembangunan mau jalan atau tidak tergantung sama masyarakat yang saat ini duduk bersama-sama untuk menyelesaikan perang suku yang telah terjadi," ujarnya.
Dalam pertemuan yang digelar Jumat pekan lalu , perwakilan massa Distrik Werima : menyatakan  perdamaian bahwa tidak ada perang lagi dan mau pelaku harus diroses secara hukum serta kami tidak menuntut bayar kepala/Denda adat
mendengar pernyataan ini maka perwakilan massa Distrik Mugi menyatakan menginginkan damai dan tidak akan melakukan saling serang.
Bukti keinginan untuk perdamaian ditandai dengan penyerahan barang bukti anak panah yang mengenai dan menyebabkan kematian Jem Siep (Kepdes Distrik Mugi Kab. Yahukimo) dari keluarga korban kepada aparat keamanan selaku pengendali kedua belah pihak. (Fani)

Dibaca 682 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.