Amankan 1 Mei, Polda Intruksikan Polres Turunkan Kekuatan | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Amankan 1 Mei, Polda Intruksikan Polres Turunkan Kekuatan

Headline Penulis  Senin, 27 April 2015 20:23 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Kepolisian Daerah Papua mengintruksikan kepada seluruh jajaran Polres di Provinsi Papua agar menurunkan 1/3 kekuatan dari total jumlah personel untuk mengamankan peringatan kembalinya Irian Barat (Papua) ke Pangkuan Ibu Pertiwi yang jatuh pada 1 Mei.
 “Untuk pengamanan 1 Mei kita telah intruksikan seluruh jajaran di Polres agar setidaknya menurunkan 1/3 kekuatan personel yang dimilikinya ke lapangan.  Sedangkan 1/3 kekuatan lainnya On Call (standby) di Markas kesatuan masing-masing,” jelas Patrige saat dihubungi Pasific pos, Minggu (26/4).
Untuk tiap Polres, Patrige menjelaskan jumlah total kekuatan personel yang dimilikinya berbeda, sehingga setiap kekuatan yang diturunkan untuk melakukan pengamanan 1 Mei tidak sama setiap Polres.
 “Personelnya berbeda, misalnya di Polres Pegunungan paling hanya 500 personel, sedangkan di kota mencapai 700 personel kekuatan mereka, jadi yang diturunkan 1/3 dari jumlah yang ada,” jelasnya lagi. 
Peringatan 1 Mei di Papua, terang Patrige, memiliki makna penting. Dimana 1 Mei merupakan peringatan hari buruh, sekaligus peringatan kembalinya Irian Barat ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun ada juga kelompok tertentu yang memperingati 1 Mei dengan makna lain yang bertentangan.
Meski demikian, Partige mengklaim belum ada indikasi ancaman dari kelompok-kelompok tertentu yang mencoba menodai peringatan 1 Mei  di Papua.  “Sampai sekarang hanya isu-isu saja, yang pasti mereka akan melakukan demo damai dan tentu saja tidak akan diizinkan, karena arahnya ke Disintegrasi. Kalau memperingati hari buruh nasional pasti kita izinkan,” tegas Patrige. (Syaiful)

Dibaca 487 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.