Skouw Yambe Akan Dijadikan Wisata Penyu | Pasific Pos.com

| 18 June, 2019 |

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru saat melihat penangkaran penyu di Kampung Skouw Yambe. Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru saat melihat penangkaran penyu di Kampung Skouw Yambe.

Skouw Yambe Akan Dijadikan Wisata Penyu

Ekonomi & Bisnis Penulis  Jumat, 21 Juli 2017 21:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Pemerintah Kota Jayapura akan menjadikan Kampung Skouw Yambe sebagai wisata penyu untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.
Dengan begitu, kelestarian penyu terus terjaga dari kepunahan, tapi juga menjadikan sumber perekonomian.

Pasalnya, dalam sebulan kelompok konservasi penyu di kawasan itu mampu mengahsilkan 300 butir telur penyu.
Setelah melalui tahap penangkaran, selama 29 hari kemudian anak-anak penyu atau tukik dilepas ke alam liar atau laut.

"Sebagai pusat pariwisata untuk melihat membudiyakan penyu di mulai dari proses ditangkap, bertelur, menetas hingga di lepas, sehingga sepanjang pantai di Skouw Yambe dapat di huni penyu," kata Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru di Skouw Yambe, Jumat (21/7).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura Elsye Rumbekwan mengatakan, biaya konservasi per ekor anak penyu Rp10 ribu.
Biaya itu dikembalikan ke kelompok konservasi untuk di pakai dengan harapan warga setempat bisa mandiri.

"Melalui konservasi itu sebagai motivasi kepada masyarakat untuk membudidayakan penyu sehingga menunjang perekonomian. Binatang ini termaksud hewan liar," kata Elsye.
Kalau dimasukkan dalam laboratorium selama 15 hari, kata Elye, sifat liar penyu sudah timbul sehingga harus kembali ke alam.

"Kalau di tahan maka membutuhkan aplikasi teknologi yang biayanya sangat mahal. Ini program kami sejak 2012. Kemudian 2015-2016 saya mengirim orang untuk belajar ke Sukabumi dan pulau seribu," kata Elsye.
"Sudah empat kali dilakukan, tapi oleh Pemerintah Kota Jayapura baru pertama kalinya. Ke depan Skouw Yambe di jadikan sebagai objek wisata. Sambil wisata sambil melepas tukik atau bayi penyu," Elsye menambahkan.

Dibaca 680 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX