Tiga Ekor Babi Awali Produksi Perdana PT Kristalin | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Tampak prosesi adat yang berlangsung mengawali produksi perdana PT Kristalin. Tampak prosesi adat yang berlangsung mengawali produksi perdana PT Kristalin.

Tiga Ekor Babi Awali Produksi Perdana PT Kristalin

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 12 Juli 2017 22:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Nabire, PT Kristalin mengawali produksi perdana dengan prosesi adat. Tiga ekor babi, dua ekor ayam putih serta pinang sirih tampak pada prosesi adat
Tiga ekor babi dikorbankan dengan cara yang berbeda. Babi perdana dipanah sesuai dengan adat suku Dani dan seekor babi lainnya disembelih sesuai adat suku Wate. Sementara dua ekor ayam tampak dilepas.
Prosesi adat ini diikuti oleh puluhan masyarakat dari suku Dani dan suku Wate yang berdiam di sekitar lokasi, di kampung Nifasi, kampung Makimi dan kampung Samabusa.
Arief Setiawan selaku pimpinan PT Kristalin mengatakan prosesi ini untuk menghormati adat dan istiadat  masyarakat setempat. "Saya pengen merangkul semua masyarakat yang ada disini tanpa membedakan suku," ujar Arif.
Ada satu tempat kerja kami yang milik dari suku Wate. Dan ada satu areal lagi dimana suku Dani sudah lama berada disitu sebelum PT Kristalin masuk kesini.
"Setelah prosesi adat ini, maka perusahaan besok sudah dapat bekarja, dan berproduksi," ujarnya.
Dikatakannya pula masyarakat yang hadir ada dari Samabusa, Makimi,Nifasi dan dari masyarakat suku Dani.
Sejauh mana kedekatan masyarakat dengan PT Kristalin? Arif Setiawan mengatakan bahwa kami sudah ada sejak tahun 2007 namun kami baru beroperasi enam bulan terakhir ini.
"Selama ini kami mengurus ijin ijin sesuai dengan peraturan dan juga melakukan test speed," ujar Arif.
Lebih lanjut dikatakannya, diharapkan tidak ada lagi perpecahan di tengah tengah masyarakat. "Saya berharap masyarakat dapat bersatu, hidup normal dan bahu membahu membangun kampung sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat," ujarnya. (Fani)

Dibaca 377 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.