Isaias Douw : Jangan Intervensi Kami Di Nabire | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Bupati Nabire, Isaias Douw Bupati Nabire, Isaias Douw

Isaias Douw : Jangan Intervensi Kami Di Nabire

Headline Penulis  Minggu, 09 Juli 2017 21:04 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Bupati Nabire Isaias Douw geram adanya pihak luar yang  mengintervensi tambang di kabupaten  Nabire.

Menurutnya pemerintah dan masyarakat sekitar lokasi tambang di kali mosairo sejauh ini aman-aman, hanya pihak luar yang ingin mengadu domba masyarakat.

Pernyataan Bupati Nabire Isaias Douw ini sedikit mengejutkan, sebab berbeda dengan pemberitaan selama ini.

Bahkan bupati menilai selama tujuh tahun memimpin kabupaten Nabire,  masyarakat yang mendiami sekitar tambang di kampung Makimi dan Nifasi dalam kondisi aman dan tak ada gangguan.

Menurut bupati, dua perusahaan tambang yang berinventasi di kali mosairo, Distrik Makimi diprovokatori pihak luar dan merugikan kelangsungan hidup masyarakat setempat, termasuk masyarakat pemilik hak ulayat.

“Ada kepentingan apa orang luar yang mau campur tangan urusan di Nabire. Jangan dengar-dengar orang dari luar, itu yang bakar keadaan agar Nabire jadi kacau, karena disini sampai sekarang aman-aman saja,” kata Bupati Nabire, Jumat (7/7) saat ditemui Pasific Post di bandara Wamena.

Saat ditanya soal konflik tahun 2016, Bupati membenarkan kejadian konflik tersebut dan telah diproses oleh pihak berwajib. “Selama tujuh tahun disini aman, dulu ada konflik (tahun 2016) itu pun aman,” ujar Bupati dua periode ini.

Terkait masalah hukum yang tengah diproses aparat keamanaan, kini dalam tahap pembuktian legalitas dari dua perusahaan yang beroperasi di kali mosairo antara kilometer 20 hingga 50. Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menegaskan pihaknya terus mensosialisasikan hal ini ke masyarakat dan juga lakukan upaya hukum.

“Kami bertekad ingin menertibkan tertib hukum bagi dalam pengolahan aktifitas pertambangan di Kabupaten Nabire dan terus disosialisasikan,” kata Kapolda Papua.

Rutinitas pertambangan dari kedua perusahaan yakni PT Kristalin Eka Lestari dan PT Tunas Anugrah Papua di kali Mosairo hingga kini masih berjalan seperti biasanya. Walaupun masih banyak intervensi dari pihak lainnya. (Fani)

Dibaca 667 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX