Golkar dan PKS Resmi Buka Pendaftaran Calon Gubernur | Pasific Pos.com

| 24 August, 2019 |

Golkar dan PKS Resmi Buka Pendaftaran Calon Gubernur

Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Papua secara resmi membuka pendaftaran calon Gubernur Papua/Wakil Gubernur Papua dan Bupati/Wakil Bupati. Pendaftaran dimulai  hari ini, Kamis (8/6/2017) kemarin di sekretariat DPD I Golkar Papua, jalan  percetakan Jayapura.


Plt Ketua DPD I Partai Golkar Papua, Paskalis Kosay mengatakan pihaknya telah Mempersiapkan diri untuk masuk dalam agenda penting anasional yang dislenggarakan di Papua yaitu pemilihan kepala daeah baik Gubernur, bupati dan Wakil bupati.
“ Menyongsong agenda politik ini   Golkar menjaring calon gub, bupati dan wkail bupati, parpol Partai Golkar membentuk tim dan  Sudah mulai bergerak dilapangan, tim ini juga sudah mulai bergerak di 7 kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah dan juga tim itu juga nantinya yang akan merekrut, dan menjaring gubernur dan wakil gubernur,” jelasnya.
Lanjutnya mekansime dalam penjaringan yang ada sudah diatur, dan dituangkan dalam juklak nomor 6 tahun 2016, disana mengamanatkan baik gub wakil gub, dimulai dari DPD II internal Partai golkar,
“ Itu sudah diatur untuk menjaring sebanyak-banyaknya tokoh potensial yang diharapkan bisa memimpin di daerah itu. Diseleksi sampai masuk ditingkat porovinsi dan tingkat provinsi melakukan ferifikasi,Kemudian menyeleksi persyaratan dan lain-lain, lalu dirumuskan atau ditetapkan miimal 3 makasimal 5 lal dibawa ke DPP dan DPP yang memutuskan siapa calon kepala daerah dari partai golkar,” tuturnya.
Lanjutnya dengan juklak ini partai golkar sudah memperisapkan dan diri untuk tujuhari kedepan membuka penerimaan pendaftaran bakal calon di tujuh kabupatem yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.
“khusus untuk balon gubernur dan wakil gubernur akan mempersiapkan diri untuk meneirma bakal calon gub dan wagub. Hal hal tekhnis sudah kita bentuk termaksud  tim dimana  ketuai oleh pak Sefnat,” tuturnya.
Sementara itu Ketua Tim Seleksi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, bupati dan Wakil Bupati DPD I Partai Golkar Papua,  Sefnat Masnifit,  menyampaiakan pihaknya sudah siap dalam penerimaan  pendaftaran calon gubenur dan 7 kabupate, dimana sesuai dengan  keputusan rapat seleksi dibuka 7-15 Juni 2017 di tiga kabupaten.
Sementara untuk calon gubernur kata Sefnat telah  dibuka di kantor DPD Partai Golkar 7-15 juni 2017. Dan sampai saat ini anggota timsel sudah tersebar di 7 kabupaten yang melaksanakna pilakada dan 7 kabupaten sudah membuka pendaftaran dan respon dari masyarakat sangat baik karena rakyat masih mencintai golkar.
“ Rujukan dari timsel untuk menentukan 3-5 nama, pertama survei, fit And propertes, feryvikasi bakal calon, keputusan rapat pleno DPD I untuk menentukan nama-nama untuk dibawa ke pusat yang selanjutkan dilakukan peneptan,” jelasnya.
Sefnat menyampaikan dipembukaan pendaftaran bakal calon pihaknya sudah menerima dua penelpon yang akan mendaftar dimana dua calon tersebut yakni Pdt. Alberth Yoku, Staf Ahli Presiden Leni Kogoya yang siap mendaftaran.
“Partai Golkar Siap menerima semua kader Golkar dan warga negara Indonesia yang berpatisipasi di 2018. Catatan tidak ada calon yang tembak langsung ke DPP, semua calon harus melalui mekanism partai yang dikerjakan timsel dan  timsel. Siapa yang tidak mendaftara maka tidak akan menerima rekomnedasi dari DPP,” tegasnya.
Sementara itu, DPW Partai Keadilan Sejahtera juga mengumumkan telah membuka pendaftaran untuk penjaringan bakal calon gubernur dalam Pilkada serentak tahun 2018.
“Kami telah membuka pendaftaran bakal calon mulai tanggal 1 – 17 Juni 2017 yang dipusatkan di kantor DPW PKS Provinsi Papua, sedangkan di daerah sifatnya hanya menyampaikan kepada para kandidat,” kata Ketua DPW PKS Papua, H Kusmanto, SH, MH di ruang kerjanya, Rabu (7/6).
Lebih lanjut dikatakannya,  PKS sebagai partai politik merupakan instrumen dari Pilkada itu, tentu akan memberikan kesempatan kepada anak-anak asli Papua untuk berkompetisi dalam pilkada ini.
“Kami memberikan kesempatan seluasnya kepada semua kandidat untuk maju dalam pilkada serentak 2018,” katanya.
Ditegaskannya, PKS  akan melakukan seleksi terhadap para pendaftar, sehingga siapapun yang terpilih nanti, maka hal itulah yang terbaik.
Bahkan, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pendalaman dalam tahapan pendaftaran kandidat calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati ini.   “Nantinya, tim akan melakukan pendalaman terhadap para calon yang mendaftar,” imbuhnya.
Untuk di Provinsi Papua, akan digelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur bersamaan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati pada 7 kabupaten, diantaranya Kabupaten Mimika, Biak Numfor, Puncak, Jayawijaya, Paniai, Deiyai dan Memberamo Tengah. (Ridwan/Fani)

Dibaca 346 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.