Kapolda Diminta Usut Tuntas Kasus Pembunuhan Di Jayapura | Pasific Pos.com

| 21 July, 2019 |

Kapolda Diminta Usut Tuntas Kasus Pembunuhan Di Jayapura

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua Komisi II DPR Papua, Deerd Tabuni

 

JAYAPURA - Ketua Komisi II DPR Papua, Deerd Tabuni menyatakan kepada seluruh masyarakat di tanah Papua, baik Orang Asli Papua maupun masyrakat Nusantara di Papua bahwa ketiga kasus pembunuhan yang terjadi bebepra hari lalu merupakan kasus kriminal murni.


“Saya berharap agar masyarakat siapapun yang tinggal di tanah Papua untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban dan hubungan keluarga maupun hubungan emosional antara sesama,” kata Deert Tabuni, kemarin.
Masalah kasus pembunuhan terhadap ibu rumah tangga di depan PLTD Waena hingga masuk parit, Deert meminta kepada pihak aparat keamanan untuk melihat kasus tersebut secara bijak dan arif. “Kasus ini harus benar-benar diselidiki agar tidak berimbas kepada masyarakat lainnya yang tidak ada kaitannya,” katanya
Hal itu disampaikan Deert Tabuni, dikarenakan rentetan kasus pembunuhan terhadap ibu rumah di depan PLTD Waena tersebut sasarannya bagi dua mahasiswa. Dimana dua orang mahasiswa  dikeroyok oleh warga tanpa bersalah hingga satu orang meninggal dunia dan satu masih dalam perawatan medis.
“Saya merasa kesal dan kecewa karena saat terjadi pengeroyokkan dilihat disaksikan langsung oleh anggota kepolisian tanpa mengambil tindakan. Mereka dibiarkan, kenapa tidak dilindungi. Ini berdasarkan kesaksian keluarga korban,” katanya.
Oleh karena itu, ia meminta peristiwa yang terjadi menjadi catatan sendiri bagi Kapolda Papua yang baru agar tidak terulang lagi kasus yang sama. “Saya minta agar ditindak tegas bagi para pelaku ini dan diproses hukum lalu dipublikasikan sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya,” tukas dia.
Bahkan Deert pun meminta kepada semua pihak agar setiap kasus yang terjadi tidak saling mencurigai apalagi selalu mencurigai bahwa pelaku adalah orang gunung. “Itu tidak boleh, kalau memang ada kecurigaan harus ditangkap dan diperiksa sehingga pengakuannya diketahui,” ujarnya.
Kendati demikian, pihaknya selaku anggota DPR Papua yang juga sebagai tokoh masyarakat Pegunungan Tengah untuk mengajak kepada seluruh pegunungan dan masyarakat nusantara untuk tetap tenang dan tidak mudah terpovokasi adanya isu-isu yang menyesat.
“Mari kita tetap menjaga kedamaian di tanah ini, dan kami minta kepada pihak aparat keamanan untuk memproses para pelaku kejahatan di Kota Jayapura yang selama ini terjadi,” pungkasnya. (Fani)

Dibaca 461 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.