Tahun 2019, Semua Kampung di Papua Terlayani Listrik | Pasific Pos.com

| 18 June, 2019 |

Tahun 2019, Semua Kampung di Papua Terlayani Listrik

Beri rating artikel ini
(0 voting)

Presiden Jokowi meresmikan listrik desa Papua-Maluku Utara, Peresmian PLTU Maluku Utara 1x7 MW dan Ground Breaking PLTMG MPP Jayapura 50 MW, di Holtekam Jayapura, Selasa (9/5) kemarin.

 

JAYAPURA,- Presiden Joko Widodo menargetkan pada tahun 2019 desa/kampung di Provinsi Papua mendapatkan aliran listrik sebagai upaya mewujudkan program Papua Terang.
Hal itu disampaikannya pada saat meresmikan listrik desa Papua-Maluku Utara, Peresmian PLTU Maluku Utara 1x7 MW dan Ground Breaking PLTMG MPP Jayapura 50 MW, di Holtekam Jayapura, Selasa (9/5) kemarin.
Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa setiap kali berkunjung ke provinsi, kabupaten dan kota manapun, selalu yang menjadi masalah masyarakat adalah kekurangan listrik.


“Ada Bupati yang lapor, Pak  listrik kurang, listik padam, dan itulah fakta yang kita hadapi sampai saat ini. Oleh sebab itu, saya sudah perintahkan kepada Menteri ESDM, BUMN dan Dirut PLN untuk secepatnya menyelesaikan kekurangan-kekurangan yang sudah mendesak di daerah, terutama dikawasan Indonesia Timur,  dan utamanya lagi di tanah Papua,” ujarnya.
Dijelaskannya untuk wilayah-wilayah terpencil di Papua, pihaknya usulkan akan mengunakan pembangkit listrik tenaga surya.
“Target saya di Papua sampai tahun 2019 pembangunan listrik sudah sebesar 730 MW. Dengan demikian, sudah tidak ada kekurangan listrik lagi di Provinsi Papua,” ujarnya.
Sementara untuk desa/kampung yang sulit dijangkau, kata Presiden, akan diberikan tenaga listrik surya, dan target kami sampai 2019  semua kampung di Papua sudah mendapatkan aliran listrik.
Presiden Jokowi mengaku, dua tahun lalu sudah menyelesaikan masalah BBM di Papua, yang mana harganya sangat berbeda dengan wilayah lain, dan sekarang harga BBM di Papua sudah sama dengan daerah lain di pulau Jawa.
Kemudian, kata Presiden Jokowi, masalah harga semen yang saat ini harus diselesaikan, dan masih mencari jalan keluarnya. “untu harga semen di Papua, saya masih mencari jalan keluarnya, saya ingin harga semen di Papua harus sama dengan daerah lain di Indonesia,” ucapnya.
Presiden Jokowi kembali mengatakan bahwa, Pemerintah Provinsi Papua tahun 2020 akan menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON).
Saat ini, katanya, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Pusat sedang membangun infrastruktur venue. Dan kalau dihitung, tentu listriknya masih sangat kurang.
Oleh karena itu, Ground Breaking PLTMG MPP Jayapura 50 MW, di Holtekam Jayapura ini, dalam rangka mendukung penyelenggaran PON tahun 2020 di Papua. (Bams)

Dibaca 293 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.