Gubernur Papua Terima Berkas Usulan Pelantikan Bupati/Walikota | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

Gubernur Papua Terima Berkas Usulan Pelantikan Bupati/Walikota

Headline Penulis  Sabtu, 22 April 2017 23:34 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sekda Papua Hery Dosinaen

 

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua telah menerima permohonan usulan pelantikan Walikota dan Bupati terpilih hasil Pilkada Serentak jilid II tahun 2017.
Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengatakan, telah menerima berkas usulan pelantikan bupati dan Walikota terpilih, yang akan diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


“Berkas sudah diserahkan ke kami, ada lima kabupaten, salah satunya Kota Jayapura, kami sudah dikirim ke Mendagri, pelantikannya kapan, kami masih menunggu,” kata Sekda.
Menurutnya, pelantikan secara bersamaan di Jayapura belum dapat dipastikan, karena masih menunggu petunjuk dari Presiden melalui Mendagri.
Seperti diberitakan, KPU telah menetapkan Benhur Tomi Mano- Rustam Saru sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jayapura terpilih periode 2017-2022, Befa Yigibalom-Yemis Kogoya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Drs. Eduard Fonataba, MM-Yosina T. Insyaf, SE, MM, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mappi Kristosimus Agawemu-Jaya Ibnu Suud dan Bupati Kabupaten Nduga Yairus Gwijangge-Wentius Nimiangge.
Sementara Kabupaten Puncak Jaya dan Tolikara sesuai keputusan Mahkama Konstitusi (MK) dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Kabupaten Jayapura juga harus lalukan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu RI. Dan Kabupaten Mappi, Dogiyai, Kepulauan Yapen masih proses sidang di MK.
Sementara itu, Penjabat Bupati Mappi, DR Ribka Haluk menyebutkan bahwa pengusulan bupati dan wakil bupati definitif telah dilakukan oleh pihaknya kepada Gubernur Papua yang selanjutnya ditindaklanjuti ke Presiden melalui Mendagri."Kita sudah surati kepada ke Pemerintah Provinsi Papua yang selanjutnya ditindaklanjuti ke Presiden melalui Kemendagri, intinya kita tinggal menunggu petunjuk selanjutnya,"sebutnya. (Bams)

Dibaca 824 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.