Empat Tahun Kepemimpinan, Gubernur Resmikan Fasilitas Pelayanan RS Jayapura | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Empat Tahun Kepemimpinan, Gubernur Resmikan Fasilitas Pelayanan RS Jayapura

Headline Penulis  Selasa, 11 April 2017 13:55 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gebernur Papua Lukas Enembe meletakan batu pertama pembangunan Gedung Instalasi Rawat Jalan RS Jayapura.

 

• Gubernur Letakkan Batu Pertama Gedung Instalasi Rawat Jalan


JAYAPURA,- Empat Tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal, dirangkaikan dengan Peresmian fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura, sekaligus Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Terpadu, Senin (10/04/2017).
Dalam sambutannya Gubernur mengatakan beberapa tahun belakang ini pembangunan kesehatan menjadi fokus utamanya. Sebab masalah kesehatan berdampak terhadap IPM Papua yang rendah.

Diakuinya, tantangan pembangunan kesehatan di Papua sangat tinggi. Hal ini disebabkan, banyaknya masalah kesehatan yang muncul di Papua. Oleh karena itu, saya minta kepada petugas kesehatan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
Selain itu, Gubernur meminta seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur rumah sakit se-Papua agar program Kartu Papua Sehat (KPS) dapat berjalan dengan baik kepada masyarakat.
“Sebab BPJS tidak mungkin dapat menanggulangi semua penyakit. Kita harus intervensi dengan KPS, jadi mudah-mudhan semua KPS sudah jalan di kabupaten/kota,”harap mantan Bupati Puncak Jaya itu.
Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Papua akan terus berupaya menjadikan RS Dok II Jayapura sebagai RS rujukan terbaik se wilayah timur dan sekarang ini sedang berupaya agar status RS Dok     II Jayapura menjadi tipe A. “kalau alat-alat RS sakit yang baru kita datangkan seperti Cathlab (jantung), CT Scan, Laparoskopy, Brankoskopy, Endoskopy, Microskop Mata, Eswi (alat penghancur batu ginjal)terbaik di Indonesia Timur bahkan di wilayah Pasific,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan terima kasih kepada masyarakat adat, kiranya pembangunan gedung Instalasi Rawat Jalan dapat diseleaikan selama satu tahun. ‘Saya harap, sebelum berakhir masa jabatan, bangunan ini bisa diresmikan,” harapnya.
Gubernur juga berharap, Pembangunan Gedung Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Terpadu bisa dikerjakan oleh salah satu BUMN yang bergerak di bidang perencanaan dan kontruksi bangunan.
Sementara itu, Direktur RS Dok II Jayapura Yosef Rinta mengatakan bahwa  Pembangunan Gedung Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Terpadu dilengkapi dengan heli pad. Dengan begitu, apabila ada masyarakat di wilayah pegunungan yang sakit, bisa langsung di evakuasi dengan helly ke RS Dok II Jayapura.
Mantan Kadis Kesehatan ini optiminis, Pembangunan Gedung Instalasi Rawat Jalan Poliklinik ini dapat diselesaikan dalam satu tahun. “pembangunan proyek ini dalam proses tender, kita harapkan dalam waktu dekat sudah ada pemenang dan bisa segera dibangun,” urainya. (Bams)

Dibaca 462 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.