Jalan Ring Road Jayapura Longsor | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Jalan Ring Road Jayapura Longsor

Headline Penulis  Rabu, 05 April 2017 13:39 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua, Djuli Mambaya

 

JAYAPURA,- Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua, Djuli Mambaya, mengatakan pengerjaan proyek jalan lingkar atau ring road Jayapura mengalami longsor sepanjang 60 meter, akibatnya, kontraktor pembangunan jalan tersebut mengalami kerugikan kurang lebih Rp 5 miliar.

Longsor itu terjadi sekitar akhir bulan September 2016. Material longsor menutup dan merusak sebagian pembatas jalan. “Material longsor berupa tanah, batu sempat menutup badan jalan dan membuat sebagian pembatas jalan yang sudah dibangun di sekitar lokasi rusak,” ujar Djuli Mambaya kepada waratwan usai meninjau pembangunan jalan Ring Road, Selasa (04/04/2017).
Djuli menyebut, longsor yang terjadi bukan karena pekerjaan pembangunan jalan, Namun,   force majeure atau suatu kejadian terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan. Lanjutnya, di lokasi longsor ternyata ada mata air, padahal, sebelum pembangunan dan dilakukan survei tidak menemukan ada mata air di lokasi tersebut.
Djuli kembali mengaku, pembangunan jalan ini masih dalam proses pemeliharaan, sehingga pihak kontraktor (PT Modern Widya Technical) sudah bertanggungjawab dengan membangun talud serta membuat gorong-gorong sebagai tempat jalurnya air.
Berdasarkan pantauan media ini, jalan yang menghubungkan wilayah Abepura ke Hamadi. Saat ini masih tersisa sekitar 300 meter yang belum dikerjakan. Jalan ini sebenarnya menjadi tanggungjawab bersama antara Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat. Namun, sejak tahun 2015, Kementerian Pekerjaan Umum RI sudah tidak menganggarkan pembangunan jalan Ring Road Jayapura.
“Saya sudah tanyakan teman-teman di Kementerian PU ketika Rapat Kerja di Manado minggu kemarin, alasannya, jalannya ring road tidak masuk skala prioritas,” kata Djuli Mambaya.
Djuli menuturkan, dana APBD 2017 yang sudah dianggarkan untuk melanjutkan pembangunan jalan lingkar yang tersisa 300 meter sebesar Rp 87 miliar. Ia pun menyatakan, akan kembali menganggarkan dana sekitar Rp  60 miliar di APBD perubahan 2017.
“Kami berharap agar pemerintah pusat dapat menganggarkan kembali dana untuk pembangunan jalan ring road Jayapura pada APBN Perubahan Tahun 2017. Kami komitmen agar pembangunan proyek ini dapat rampung dalam tahun ini,” ucapnya. (Bams)

Dibaca 413 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX