Dubes Belanda Kunjungi Pemprov Papua | Pasific Pos.com

| 19 July, 2019 |

Dubes Belanda Kunjungi Pemprov Papua

Headline Penulis  Selasa, 04 April 2017 14:42 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen

 

Jayapura,- Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol, mengunjungi Pemerintah Provinsi Papua. Kunjungan kali ini adalah melihat untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), keamanan maupun program pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintahan kerajaan Belanda di Papua.

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen mengaku kunjungan Duta Besar Belanda selama sepekan di Papua, untuk membahas beberapa isu penting seperti politik dan pembangunan.
Sekda menjelaskan, satu hal yang lebih spesifik adalah mereka (Belanda) memiliki program yang sangat baik di Papua, maupun di beberapa Provinsi lain di Indonesia.  Diharapkan progam-program pembangunan yang dikerjakan oleh Pemeritah Belanda, ujar Sekda, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Papua kedepan.
Terkait dengan pemilukada, Sekda mengaku Pemerintah Provinsi Papua sedang mendorong agar pemilihan kepala daerah baik gubernur maupun bupati dan walikota di melalui DPR Papua. Pasalnya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung dianggap tidak cocok diterapkan di Papua.
 “Pilkada langsung menimbulkan gesekan yang sangat luar biasa dan menelan korban material maupun korban jiwa yang sangat luar biasa,” ungkapnya.
Untuk menghindari timbulnya gesekan dan korban jiwa, Hery Dosinaen mengaku, pelaksanaan Pilkada di Papua perlu dikajai ulang. Sebab, Papua merupakan daerah Otonomi Khusus. “Kita mempunyai undang-undang Otsus, dan Pemerintah sedang melakukan kajian secara mendalam, agar pemilihan kepala daerah seperti Pemilihan Gubernur dan Bupati/ walikota di pilih oleh DPRP sesuai dengan amanat undang-undang Otsus,” jelasnya.
 “Dalam waktu dekat kita akan ajukan ke pemerintah pusat, untuk dikaji agar Pilkada ini khususnya di Papua harus ada perubahan dan harus sesuai dengan amanat undang-undang Otsus,” terangnya.
Sementara itu, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol mengaku, ini kunjuangannya yang pertama ke Papua.
Ia mengaku, ada beberapa hal yang dibahas dalam kunjunganya di Provisi Papua. Dimana, terkait demokrasi pelaksanaan Pilkada yang telah berlangsung Serentak baru – baru ini.
Kemudian melihat sejauh mana Kerjasama Pemerintah Belanda dengan Polda Papua terkait dengan pembentukan polisi masyarakat (Polmas) di wilayah Papua. Dimana kerjasama ini untuk mendekatkan masyarakat dengan polisi
 ‘Prinsipnya Pemerintah Belanda selalu memberikan perhatian terhadap Indonesia dan termasuk juga dengan Papua. Kita sangat tertarik dengan berbagai kebijakan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada Papua yang menurutnya pendekatan aktifitasnya sejauh ini semuanya berjalan sangat positif. Dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga banyak meluangkan waktunya untuk Papua,” ujarnya. (Bams)

Dibaca 276 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.