Jajaran Perhubungan Diminta Bersatu Bangun Papua | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Jajaran Perhubungan Diminta Bersatu Bangun Papua

Headline Penulis  Kamis, 16 April 2015 09:50 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Merauke,- Dinas Perhubungan Provinsi Papua menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakornis) perhubungan se Papua, di Hotel Swisbell Merauke, Rabu (15/4).
Rakornis perhubungan se Papua yang akan berlangsung selama dua hari 15-16 April dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen dan disaksikan langsung Wakil Bupati Merauke, Sunarjo, Kementerian Perhubungan dan Forkompimda Pemkab Merauke.
Sekda Papua, Hery Dosinanen mengatakan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua hari ini sudah dua tahun satu minggu memimpin pelaksanaan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dengan visi misi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.
Berbagai kebijakan kebijakan yang telah diketahui semua stakeholder, yang paling mendasar adalah bagaimana pemerintah provinsi sebagai wakil pusat memberikan kepercayaan yang sebesar besarnya pada para bupati dan wali kota untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya.
"Kepercayaan itu dibarengi dengan kebijakan fiskal yang signifikan dana Otsus yang selama ini tersentral di provinsi dan menjadi kewenangan provinsi, namun dengan kepemimpinan guberanur sekarang semua ini diserahkan kepercayaan kepada para bupati dan wali kota untuk mengaturnya dengan akumulasi 80 persen," kata Dosinaen.
Untuk itu, ujar Dosinaen, kebijakan inilah yang harus ditangkap.seluruh daerah dan juga keluarga besar komunitas Perhubungan se Papua. "Kita sudah berupaya dengan berbagai kegiatan dan tentunya didukung oleh regulasi sehingga harus ada sinkronisasi dari kabupaten, kota, provinsi maupun pusat.
Menanggapi itu, Dosinaen berharap pelaksanaan Rakornis, apa yang telah dibicarakan dala Musrenbang dan Pra Rakernis agar dapat menghasilakan susuatu dalam rangka penyelesaian semua persoalan terkait Perhubungan di atas tanah ini.
"Tentu juga apa yang dihasilkan menjadi referensi pemerintah dalam rangka mengambil kebijakan kebijakan lebih lanjut," ucapnya.
Terkait Otsus yang berorientasi pada averamatif dengan kondisi geografis Papua yang begitu berattantangan yang kita hadapi baik udara, darat, laut maupun sungai. Ketika kebijakan bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tentu indikatornya adalah ekonomi. "Tetapi hal yang paling utama adalah bagaimana menentukan kemajuan ekonomi adalah perhubungan, karena produksi, konsumsi dan distribusi merupakan ending dari segalanya," katanya.
Diharapkan Dinas Perhubungan Provinsi Papua, bisa mengakomodir semua aspirasi dan informasi yang berasal dari semua kabupaten dengan kondisi obejektif dan masalah yang tentunya berbeda.
"Puncak Jaya tentu masalahnya berbeda dengan Keerom, Begitu juga dengan Asmat dengan Kabupaten Jayapura, Supiori juga sangat beda dengan Nabire dan seterusnya. Inilah permasalahan semua tantangan yang ada di atas tanah ini, tetapi saya yakin dan percaya Rakernis ini bisa mengakomodir semuanya dalam satu kesatuan dan tentunya harus dapat dalam penyelesaian," kata Dosinaen. (Bams)

Dibaca 514 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.