Dinkes Papua Temukan 26 Ribu Kasus Baru HIV/AIDS | Pasific Pos.com

| 25 August, 2019 |

Dinkes Papua Temukan 26 Ribu Kasus Baru HIV/AIDS

Headline Penulis  Rabu, 22 Maret 2017 12:12 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai
 

JAYAPURA,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua, menemukan sebanyak 26 ribu lebih kasus baru penderita HIV/AIDS. Jumlah tersebut bertambah lagi dari temuan yang  tahun 2016 yang menemukan sebanyak 25. 125 kasus HIV/AIDS.
Demikian penegasan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai kepada wartawan disela-sela pencanangan “Toki Pintu” dalam rangka hari TB sedunia tahun 2017, Selasa (21/03) kemarin.

Kadinkes mengatakan, penemuan kasus baru HIV/AIDS di Papua ini sebenarnya mereka yang sudah mengidap lama, tapi baru ditemukan. Namun, secara umum tren laju epidemi HIV/AIDS di Provinsi Papua sudah mulai menurun.
Menurut dia, daerah penemuan kasus baru diantaranya Kabupaten Jayawijaya, Merauke, Nabire, Kota Jayapura dan Mimika. “Angka temuan kasus baru terbanyak di Mimika dan Jayawijaya. Dan  mereka yang ditemukan pengidap kita langsung mengobati,” ujarnya.
Lanjutnya, Dinas Kesehatan Provinsi Papua terus berupaya menemukan kasus baru HIV/AIDS di wilayah seluruh wilayah Papua melalui pemeriksaan kolaborasi. Dengan demikian, diharapkan kasus sebaran dan temuan baru HIV/AIDS di Papua dapat menurun. Sehingga, pemerintah dapat fokus pada pengobatan ODHA yang telah terdeteksi selama ini.
Upaya lain yang dilakukan guna menanggulangi HIV/AIDS, dinkes terus bekerja sama dengan KPA dan komunitas anti-HIV/AIDS rutin melakukan sosialisasi dan pendampingan  kepada masyarakat, terlebih para perisiko tinggi. (Bams)

Dibaca 285 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX