Ada Gugatan, KPU Belum Tetapkan Pemenang Pilkada Kota Jayapura | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Ada Gugatan, KPU Belum Tetapkan Pemenang Pilkada Kota Jayapura

Headline Penulis  Selasa, 14 Maret 2017 10:47 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Komisi Pemilihan Umum Kota Jayapura, belum bisa melakukan pleno penetapan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Jayapura Periode 2017-2021.
Anggota KPU Kota Jayapura, Djipto Wibowo mengatakan, dalam aturan KPU Nomor 7 Tahun 2016 disebutkan apabila ada gugatan di Mahkamah Konstitusi, maka penetapan calon terpilih mengikuti jadwal putusan sidang di Mahkamah Konstitusi.

“KPU pasti akan menggelar pleno penetapan calon terpilih, setelah sudah ada putusan MK,” ujarnya kepada wartawan, Senin kemarin.
Ia mengaku, tidak mengetahui siapa dan kelompok mana yang melakukan gugatan ke MK. Bahkan surat resmi dari MK pun kami KPU belum terima soal jadwal sidangnya.
“Suratnya secara akan diterima malam ini (Senin Malam-red) dari Mahkamah Konstitusi melalui KPU RI,” katanya yang lagi siap-siap menuju lokasi Rapat Koordinasi (Rakor) KPU RI dalam rangka menghadapi sidang di MK.
Djipto menuturkan, setelah menerima surat, baru diketahui pihak mana yang melakukan gugatan. Lanjutnya, penetapan calon terpilih Pilkada serentak jilid II tahun 2017 akan dilakukan har ini (Selasa) bagi KPU yang tidak ada gugatan di MK. “Untuk Kota Jayapura penetapannya tunggu putusan sidang MK,” jelasnya.
Diketahui, Pilkada Kota Jayapura diikuti satu pasangan calon atau pasangan tunggal, yaitu Benhur Tomi Mano-Rustan Saru. Pilkada yang dilaksanakan tanggal 15 Februari lalu, pasangan Benhur Tomi Mano (BTM)-Rustan Saru perolehan 116.006 suara dari 137.575 surat suara sah.
Dari hasil rekapitulasi, perolehan suara pasangan calon yang juga merupakan petahana itu mencapai 116.006 atau 83,07 persen, sedangkan kotak kosong dipilih 21.569 suara atau 16,93 persen. (Erna))

Dibaca 308 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.