Dubes Pantau Warga Amerika Di Freeport | Pasific Pos.com

| 18 November, 2019 |

Dubes Pantau Warga Amerika Di Freeport

Headline Penulis  Kamis, 09 Maret 2017 14:04 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

kunjungan Duta Besar Amerika bersama Polda Papua di ruang Cenderawasih Polda Papua.

 

Jayapura,- Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovon melakukan pertemuan dengan Kapolda Papua. Pertemuan yang dilakukan di ruang Cenderawasih diikuti para pejabat di lingkungan Polda Papua berlangsung sekitar satu setengah jam, Rabu kemarin.

Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw menjelaskan tentang situasi keamanan di Papua seraya mengakui hingga kini di beberapa wilayah pedalaman khususnya di pegunungan tengah masih terdapat kelompok bersenjata. Mereka sering mengganggu aparat keamanan baik Polri, TNI dan warga sipil.
Kapolda Papua dalam pertemuan itu juga menyampaikan sikap bahwa polisi siap mengamankan warga negara AS yang bekerja di PT. Freeport. Seusai melakukan pertemuan dengan Kapolda Papua, Dubes Donovon beserta rombongan melanjutkan perjalanan Manokwari, Papua Barat.
Kedutaan Besar AS mengaku, terus memantau kondisi warga AS yang bekerja di PT Freeport Indonesia pasca dirumahkannya sejumlah karyawan perusahaan tersebut. "Sudah menjadi prioritas bagi Kedubes AS di Indonesia untuk terus memantau situasi warga yang bekerja di Freeport," kata Dubes Donovon.
Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovon memuji Polda Papua yang terus mengamankan warga AS khususnya yang bekerja di PT Freeport Indonesia di Timika.
"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Polda Papua dalam mengamankan pengamanan terhadap wn AS, " kata Dubes AS kepada wartawan seusai melakukan pertemuan dengan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menjelaskan, kunjungan Duta besar Amerika ini dalam rangka mengetahui situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua.
"Pak Kapolda dalam kunjungan tersebut menjelaskan, pada prinsipnya situasi Kamtibmas Polda Papua cukup kondusif, meski ada beberapa peristiwa yang cukup menjadi perhatian," kata Kamal.
Kamal menuturkan, dalam pertemuan tersebut Kapolda Papua menjelaskan secara garis besar tentang apa yang menjadi masalah disituasi Kamtibmas diwilayah hukum Polda Papua.
" dari segi kriminalitas kebanyakan tindak pidana KDRT dan kejahatan lainnya bersumber dari minuman keras," jelasnya.
Lanjut Kamal, selain itu juga pembahasan dalam kunjungan ini Kapolda Papua menyampaikan beberapa Poin yang di terkait situasi Pilkada serentak di 1 kota dan 10 kabupaten ditahun 2017 dan juga permasalahan PT Freeport.
" dalam catatan kamtibmas pelaksanaan pilkada hanya terjadi bentrok di intan jaya namun hingga saat ini sudah kondusif, sedangkan untuk penembakan tidak ada sangkut paunya dengan pilkada,: pungkasnya.
Ada catatan bahwa di Intan Jaya ada aksi saling serang antar dua kelompok dan itu sudah tertangani, dan ada kasus penembakan terhadap ajudan Dandim beberapa wktu lalu, meski satu sudah di lumpuhkan namun masih dilakukan pengejaran," jelasnya.
Sedangkan untuk masalah PT. Freeport, Kamal menjelaskan, tentunya masyarakat Papua ingin agar masalah ini segera terselesaikan, mengingat saat ini sudah ada ribuan karyawan yang dipulangkan.
"Yang dirumahkan ini dari warga asing, Indonesia yang bukan orang Papua, dan masyarakat Papua. Kalau ini tidak segera terselesaikan, akan menjadi pengaruh diperekonomian kalangan masyarakat yang notabenya bergantung pada situasi kamtibmas diwilayah Mimika," tuturnya. (Ridwan/Fani)

Dibaca 341 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX