Persiapan PON Papua, Pemerintah Gelontorkan Rp 2,2 Triliun | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Persiapan PON Papua, Pemerintah Gelontorkan Rp 2,2 Triliun

Headline Penulis  Senin, 06 Maret 2017 13:25 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

 

JAYAPURA,- Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Tahun 2020 mendatang. Salah satunya adalah dengan mengalokasikan anggaran sekitar 2,2 trilliun untuk pembangunan fisik di lima klaster.

“Fisik tahun ini mulai dibangun. Jadi (untuk besarannya,red) kita melihat di setiap klaster. Fleksibel,”ungkap Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, ketika dikonfirmasi wartawan di Swisbell-Hotel Merauke, Sabtu (4/3) malam.
Menurut Wagub, pihaknya menyambut baik usulan dari Bupati Merauke yang meminta agar pekerjaan fisik untuk PON yang dilaksanakan di Merauke, bisa dikerjakan oleh pengusaha Merauke. Menurutnya, jika pengusahanya dari Merauke dan sebanyak mungkin melibatkan tenaga kerja lokal maka dampak dari sisi ekonomi akan terjadi pertumbuhan.
Sedangkan untuk bersaran anggaran yang dibutuhkan oleh masing-masing klaster itu berbeda-beda. Jadi, selain dari anggaran provinsi, untuk mendukung pelaksanaan PON juga ada dukungan dari pusat. Pihaknya optimis, dalam tiga tahun yang tersisa ini semua persiapan bisa dilakukan, sehingga Papua tidak hanya sukses prestasi tetapi juga sukses administrasi.
Sementara itu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si yang juga ketua KONI Kabupaten Merauke dalam sambutannya mengatakan untuk pembangunan sarana pendukung dan fasilitas PON, Merauke telah mengajukan proposal kepada Pemprov Papua sebesar 594 milar lebih. “Itu diajukan untuk persiapan pembangunan PON (fasilitas,red) di Kabupaten Merauke,”terangnya.
Selain mengajukan proposal, sebagai dana ‘pancingan’ pemerintah daerah juga telah menyediakan dana sekitar 20 sampai 25 milyar. Dana tersebut untuk pembangunan stadion dan tempat-tempat olahraga lainnya. (Suyatmadi)

Dibaca 306 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.