DPR Papua Disarankan Bentuk Timsus PTFI | Pasific Pos.com

| 26 May, 2019 |

DPR Papua Disarankan Bentuk Timsus PTFI

Headline Penulis  Jumat, 03 Maret 2017 15:06 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wilhelmus Pigai

 

Jayapura,- Wilhelmus Pigai anggita DPR  Papua (DPRP) menyarankan DPR Papua dan Pemprov Papua membentuk tim khusus (timsus)  terkait rencana PHK karyawan oleh PT Freeport Indonesia.
"Saya sudah minta ketua DPR Papua segera berkoordinasi dengan Pemprov Papua untuk membentuk tim dan segera menghadap presiden," kata Wilhelmus Pigai .

Lebih lanjut dikatakannya,  Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Freeport urusan pemerintah pusat dengan pihak perusahaan. DPR Papua dan Pemprov Papua hanya akan bicara nasib karyawan. Mestinya PHK, merumahkan karyawan dan tindakan perusahaan lainnya adalah opsi terakhir.
"Mestinya Freeport jalan dulu dengan ijin ekspor yang diberikan pemerintah, sambil membangun komunikasi dengan pemerintah. Saya pikir pemerintah juga menanggapi jika Freeport punya niat baik membangun komunikasi," ujarnya.
Dikatakannya,  PHK karyawan akan menimbulkan masalah baru. Selain kerawanan sosial juga kerawanan sosial politik. Karyawan yang bekerja di Freeport dan perusahaan mitra Freeport kata dia, memiliki SDM dan intelektualitas. Kalau mereka menyalahgunakannya, melakukan kegiatan yang berlawanan dengan NKRI, tanggunbgjawanb siapa.
"Ini salah satu bentuk pengawalan terhadap NKRI. Tolong Jakarta dan Freeport mengerti ini. Jumlah karyawan Freeport itu puluhan ribu. Kalau mereka tidak kerja dana memiliki tanggungjawab terhadap keluarganya, bisa berdampak buruk," katanya.
Jangan karena kepentingan Jakarta dan Freeport mengorbankan karyawan. Siapapun dia yang bekerja di Papua menurut Wilhelmus Pigai, merupakan masyarakat Papua.
"Hampir 100 persen suara rakyat Papua diberikan kepada Presiden Jokowi ketika Pilpres. Hargai suara itu," imbuhnya. (Fani)

Dibaca 280 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX