Gubernur: PSU Jangan Menimbulkan Masalah Baru | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Gubernur: PSU Jangan Menimbulkan Masalah Baru

Headline Penulis  Jumat, 03 Maret 2017 15:05 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur Papua, Lukas Enembe

 

JAYAPURA,- Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan, pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Jayapura dan Yapen diharapkan tidak menimbulkan masalah baru lagi.
Hal itu diungkapkan Gubernur Lukas Enembe dalam arahannya pada coffe morning dalam rangka membahas perkembangan Sitkamtibmas pasca pelaksanaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2017 di Aula Rastra Samara Polada Papua, Kamis (2/3/2017) kemarin.

Gubernur berharap PSU di Kabupaten Jayapura maupun Kabupaten Yapen tidak menimbulkan masalah atau gangguan yang meneyebabkan persoalan baru. “Saya harap PSU tidak menimbulkan persoalan baru, kita berharap PSU dapat berjalan aman sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.
Selain itu, Lukas Enembe berharap PSU di Kabupaten Kepulauan Yapen pada 2 distrik juga diharapkan dapat berjalan dengan baik. “Mudah-mudahan dapat diselesaikan dengan baik. Sebab dua kabupaten tersebut Bupatinya sudah aktif kembali, dan diharapkan dapat menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan PSU tersebut,” terangnya.
Ia menjelaskan, Pilkada serentak tahap kedua telah dilaksanakan namun ada beberapa kabupaten yang bermasalah. “Kita semua ingin menciptakan Papua sebagai tanah damai, dan  itu sudah dilaksanakan hanya beberapa kabupaten yang bermasalah. Saya harap diselesaikan dengan baik, agar tidak menimbulkan konflik yang menurunkan stabilitas daerah, terganggunya pelaksanaan pemerintahan dan terganggungnya Kamtibmas,” tandasnya.
Sementara ada beberapa kabupaten yang telah melaksanakan pleno penghitungan suara tingkat KPU, namun ada kabupaten yang telah melakukan gugatan di MK seperti Kabupaten Tolikara, Lany Jaya, Dogiyai, Mappi dan Sarmi.
“Empat kabupaten yang melakukan gugatan di MK tersebut kita kawal sehingga persoalan dapat dikembalikan pada aturan dan hukum, sehingga tidak menimbulkan masalah baru,” katanya lagi.
Sementara itu, Gubernur menyayangkan masalah yang terjadi di Puncak Jaya  yang terjadi pada 6 Distrik. “Ini kesalahan besar, itu suara masyarakat. Kalau ada masalah lakukan PSU, kita harap 6 distrik tersebut melakukan PSU atau dihitung kembali,” tegasnya. (Bams)

Dibaca 297 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX