Ekspedisi NKRI Dimulai Dari Papua | Pasific Pos.com

| 23 July, 2019 |

Ekspedisi NKRI Dimulai Dari Papua

Headline Penulis  Rabu, 01 Maret 2017 12:02 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Ekspedisi NKRI tahun ini dimulai di Papua meliputi empat Kabupaten yakni Kabupaten Asmat, Boven Digoel, Mappi dan Kabupaten Merauke.
“Tahun ini telah di sepakati dilakukan di Papua, puncaknya diselenggarakan tanggal 28 Oktober 2017 di Kabupaten Merauke,” ungkapnya Asisten Deputi Pengurangan Risiko Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia Herbin Manihuruk,SE.M.KES, dalam sambutannya pada rapat koordinasi dan sinkronisasi ekpedisi NKRI 2017 di Hotel Aston Jayapura, Selasa (28/2/2017) kemarin.

Dijelaskannya, Ekspedisi NKRI merupakan gabungan antara sipil dan milter yang merupakan satu-satunya kegiatan ekpedisi sipil militer yang melaksanakan kegiatan bersama-sama.
“Tujuan kegiatan ini untuk melakukan identifikasi pengembangan potensi sumber daya alam, meningkatakan pelayanan kemasyarakatan terutama pada bidang pembangunan SDM dan kebudayaan,” jelasnya.
Selain itu, kata Herbin Manihuruk kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terutama generasi muda. Sebab peserta ekspedisi ini nanti akan berjumlah 1000 orang, dari pusat sebanyak 600 orang dan daerah 400 orang. “Untuk 600 orang dari Jakarta sementara dilakukan pembekalan,” terangnya.
Untuk mewujudkan Ekspedisi NKRI tersebut, ia berharap sosialisasi yang dilakukan secara pararel dalam rangka mempersiapkan Ekspedisi NKRI ini dapat berjakan baik.
“Kami di tingkat Pusat berharap dukungan dari pemerintah provinsi Papua, SKPD dan kabupaten agar sama-sama mendukung suksesnya pelaksanaan ini,” harapnya.
Senada dengan itu, Sekretaris Daerah Ppaua, Hery Dosinaen,S.IP.M.KP berharap Ekspedisi NKRI yang akan melibatkan 1000 orang generasi muda ini dapat lebih memprioritaskan generasi muda perwakilan dari 4 kabupaten.  “Saya harap kita prioritaskan 4 kabupaten dan teman-teman di daerah setempat bagaimana anak-anak kita dilibatkan,” katanya.
Ia memberi contoh hutan Papua yang sudah mulai rusak dapat menjadi perhatian semua pihak termasuk tim Ekspedisi NKRI. Dalam mensukseskan kegiatan ini perlu melibatkan seluruh komponan masyarakat terutama para pemuda pada empat kabupaten.
 “Saya mengingatkan kepada semua komponen terutama kepada Kodam XVII Cenderawasih, Polda Papua, sipil dan Kesbangpol kabupaten/kota agar terpatri pada tugas dan fungsi kita masing-masing untuk melakukan rangkaian kegiatan ekspedisi ini,” kata Hery Dosinaen. (Bams)

Dibaca 353 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.