Ratusan Aparat Gabungan Amankan Pilkada di Papua | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Ratusan Aparat Gabungan Amankan Pilkada di Papua

Headline Penulis  Selasa, 31 Januari 2017 10:04 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw dan Pangdam Mayjen XVII Cenderawasih Hinca Siburian ketika diwawancari wartawan, Senin kemarin.

 

JAYAPURA,- Menghadapi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Jilid II 2017 mendatang, pihak keamanan tidak mau kecolongan dari segi pengamanan.
Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan, selama Pilkada, ada 400 personil ditambah dengan BKO dari Polda disiagakan. Juga ada bantuan dari TNI.
"kesiapan kami dalam pengamanan pilkada nantinya, sudah kami serahkan kepada masing-masing Polres yang ada," ucap Kapolda Papua, Senin (30/01) di Makodam XVII Cenderawasi.

Kata Paulus, untuk kekuatan personil yang sudah ada dimasing-masing Polres sudah mencapai 3/4 kekuatan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada.
"Dakam catatan kami secara keseluruhan kekuatan di Polres-polres ada sekitar 2.790 personil, belum terhitung dengan BKO Brimob Polda Papua, sedangkan BKO dari teman-teman TNI kami akan minta 600 hingga 800 personil tergantung situasi dan perkembangan diwilayah pelaksanaan pilkada nantinya," ucap Mantan Kapolres Jayapura Kota.
Paulus menambahkan, wilayah yang menjadi atensi ada empat wilayah, namun dilihat dari semua daerah yanh melaksanakan pilkada, tidak ada yang masuk dalam zona aman, hanya ada zona rawan satu dan rawan dua.
"dalam pertemuan Rapim yang dilaksanakan di Makodam Cenderawasih ini, kami sampaikan kepada rekan-rekan TNI bahwa daerah yang dimaksud rawan satu ialah, daerah yang dinamika masyarakat dan pembaruan masyarakat yang besar, sedangkan rawan dua mimiliki tingkat kekerasan yang sering terjadi ditambah dengan upaya oknum-oknum yang ingin mengganggu keamanan dan pelaksanaan Pilkada, ada lima yang masuk dalam rawan satu sedangkan rawan dua ada enam daerah," jelasnya.
Sementara dari data pihak kepolisoan sudah membagi dua wilayah rawan yakni rawan satu dan rawan dua.
Dimana rawan satu meliputi, Kota Jayapura, Kab.Jayapura, Kab.Sarmi, Kab.Intan Jaya, dan Kab.Mappi. Sementata rawan dua yakni Kab. Puncak Jaya, Kab. Tolikara, Kab. Nduga, Kab. Dogiyai, dan Kab.Kep.Yapen. (Rijwan)

Dibaca 296 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.