40 Kandidat Bupati/Walikota Terancam Dicoret | Pasific Pos.com

| 26 August, 2019 |

40 Kandidat Bupati/Walikota Terancam Dicoret

Headline Penulis  Kamis, 15 Desember 2016 14:57 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy

 

JAYAPURA,- sebanyak 40 kandidat kepala dan wakil kepala daerah yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota legislatif di 11 kabupaten yang mengikuti pilkada serentak pada tahun 2017 terancam dicoret.
Pencoretan ini dikarenakan kandidat belum memasukkan surat pengunduran sampai saat ini. Padahal batas waktu yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum hingga tanggal 23 Desember 2017.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, hanya satu kandidat wakil kepala daerah dari Kabupaten Puncak Jaya yang telah memasukkan surat pengunduran diri ke KPUD, yakni Rinus Telenggen. Ia berpasangan dengan Henock Ibo, kandidat petahana di Puncak Jaya.
Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoi ketika ditemui Rabu (14/12) kemarin mengatakan, waktu bagi kandidat yang belum memasukkan surat pengunduran tersisa sembilan hari.
“Sejak awal penetapan pada 24 September 2016, kami telah mengimbau para kandidat agar segera mengurus surat pengunduran diri dalam kurung waktu 60 hari. Namun faktanya, hanya Rinus yang telah memasukkan surat tersebut ke KPU,” kata Adam.
Ia pun menegaskan, apabila para kandidat tidak melengkapi surat pengunduran hingga batas waktu yang ditentukan terancam tidak mengikuti pilkada. Sebab, kandidat tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan KPU.
“Kami menginstruksikan kepala seluruh komisioner di 11 kabupaten kota yang menyelenggarakan pilkada untuk menginformasikan terkait syarat surat pengunduran diri kepada para kandidat secara tertulis. Karena itu, kami telah memiliki bukti dokumen apabila dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tegas Adam.
Ia pun menambahkan, para komisioner KPUD sama sekali tak mengetahui kendala para kandidat belum memasukkan surat pengunduran diri hingga kini. (Ridwan)

Dibaca 306 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX