Tan Wie Long : Penggunaan Sistem Noken Perlu Dievaluasi | Pasific Pos.com

| 5 December, 2019 |

Tan Wie Long : Penggunaan Sistem Noken Perlu Dievaluasi

Headline Penulis  Senin, 05 Desember 2016 11:40 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Anggota Komisi I DPRP, Tan Wie Long

 

Jayapura,- Anggota Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Tan Wie Long mengungkapkan, penggunaan system noken untuk enam kabupaten pada Pilkada serentak 2017 mendatang perlu dievaluasi.

"Enam kabupaten yang akan pakai sistem noken perlu dievaluasi penggunaannya. Hal-hal yang berkaitan dengan demokrasi dalam tatanan pemilu harus berpedoman dengan aturan," kata Tan, Jumat (2/12).
Apalagi kata Politisi Partai Golkar ini, kalau ada enam kabupaten yang akan pakai sistem noken, perlu ditinjau apa yang masih perlu disempurnakan.
Menurutnya, dalam pelaksaan perlu penyempurnaan sehingga jangan terkesan dalam sistem noken sudah ada kelompok yang diakomodir.
"Dan itu kan tidak menciptakan demokrasi. Komisi 1 akan RDP dengan Panwas, KPU dan pemerintah berkaitan dengan hal-hal yang harus mengatur dalam pelaksanaan demokrasi agar masyarakat merasa haknya tak diakomodir secara kelompok. Tapi berdasarkan hatinya untuk memberikan suara kepada kandidat," ucapnya.
Manantan Ketua DPRD Kabupaten Memberamo Raya ini  mengatakan, kalau noken sebatas wadah hanya pengganti kota suara dan masyarakat bebas memilih ia pikir tak ada masalah. Tapi kalalau sistem satu orang mewakili banyak orang itu yang perlu ditinjau.
"Panwas ini memang dilematis untuk melihat kondisi di lapangan. Apakah sudah berjalan sesuai aturan atau tidak.  Namun kami  berharap kedepannya kalau bisa dilakukan dengan istem yang sudah ada. Baik Pileg maupun Pilkada," pungkasnya. (Tiara)

Dibaca 371 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik